Menhan Prabowo : Kampus Pusat Otak Semua Bangsa

Redaksi


IDNBC.COM  -
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan sains dan teknologi memiliki peran sangat penting dalam pertahanan negara. Prabowo menyebut akan menggandeng universitas-universitas terbaik di Indonesia untuk berkolaborasi.


Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu menegaskan hal tersebut perlu dilakukan karena pertahanan negara bukan hanya urusan satu sektor semata namun multi sektor.

"Kampus inilah pusatnya otak semua bangsa. Kalau kita mau sungguh-sungguh merdeka dan berdiri di atas kaki sendiri, kita butuh otak-otak terbaik, kita butuh putra putri terbaik Airlangga," ujar Prabowo saat berkunjung ke Universitas Airlangga, Surabaya, Senin (6/9/2021).

Prabowo Subianto bersama beberapa pejabat Kementerian Pertahanan mengunjungi Unair dalam rangka penandatanganan kerja sama tentang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi yang mendukung pertahanan negara.

Rektor Unair Mohammad Nasih mengungkapkan bahwa selama ini Kemhan menjadi salah satu mitra Unair dalam hal pendidikan. Sehingga kerja sama ini bukan hal yang relatif baru.

"Menhan adalah mitra kami. Kerja sama kami dengan Menhan sudah efektif berjalan tiap tahun. Hampir tiap tahun ada dokter spesialis (dari Menhan, Red) yang kuliah di Unair," ujar Nasih.

Nasih pun berharap ke depan akan ada kerja sama selain pendidikan terutama. Dalam kesempatan itu Rektor juga menyebutkan beberapa keunggulan yang dimiliki UNAIR, khususnya dalam hal riset kesehatan.

Salah satu yang dipamerkan pada Prabowo Subianto yakni sarana prasarana penelitian berupa Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) yang merupakan laboratorium terbesar se-Asia Tenggara.

Nasih pun menyatakan kesiapan Unair berkontribusi bersama Kemhan mengembangkan Iptek untuk mendukung pertahanan negara. "Kami siap berkontribusi sesuai kapasitas yang kami punya, dengan ikhtiar dan upaya yang maksimal," katanya.

Sumber https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5712534/menhan-prabowo--kampus-pusat-otak-semua-bangsa/amp

Comments