Gawat! KSPI Prediksi Bakal Terjadi Lonjakan PHK di Tahun 2021

Admin


IDNBC.COM
- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal memprediksi pada tahun 2021 akan terjadi potensi ledakan pemutusan hubungan kerja (PHK). PHK ini akibat resesi ekonomi berkepanjangan imbas pandemi Covid-19.


"Gelombang PHK pada 2021 akan menimpa sektor manufaktur, baik yang padat karya maupun padat modal," katanya dalam keterangannya, Selasa (29/12).


Dalam kaitan dengan itu, dia mengungkapkan, KSPI tidak meyakini pernyataan pemerintah yang memastikan bakal ada peluang terciptanya lapangan kerja baru hasil dari komitmen para investor luar negeri tahun depan.


"Karena yang terjadi adalah perpindahan dari karyawan tetap yang di PHK, kemudian bekerja kembali dengan sistem kerja kontrak dan outsourcing," ujarnya.


Said menambahkan, bahaya Covid-19 juga tetap menghantui buruh di 2021. Dia menerangkan, saat ini saja sudah ada puluhan orang anggota dan pengurus KSPI meninggal karena virus Corona tersebut.


"Di sisi lain, protokol kesehatan di pabrik-pabrik pun tak sepenuhnya bisa diterapkan. Hanya pemakaian masker yang relatif dijalankan, sedangkan physical distancing mulai longgar," tuturnya.


Terlebih adanya ancaman Covid-19 disebutnya akan menurunkan produktivitas, sehingga berdampak ke penurunan produksi dan pertumbuhan ekonomi.


Sumber https://www.merdeka.com/peristiwa/kspi-prediksi-bakal-terjadi-ledakan-phk-di-tahun-2021.html


Comments