Luwu Utara Sulsel Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Redaksi


IDNBC.COM  -
Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat Sungai Rongkong meluap. Banjir pun merendam 2 desa di Malangke Barat.


"Sejak semalam memang hujan deras dan mengakibatkan Sungai Rongkong mengalami kenaikan debit dan pagi tadi meluap sehingga merendam beberapa wilayah di sini," ucap Camat Malangke Barat, Sulpiadi kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Lanjut Sulpiadi menjelaskan ada 2 Desa yang terendam banjir di Malangke Barat. Ketinggian air bervariasi yaitu 30 hingga 70 sentimeter. Banjir merendam pemukiman warga dan lahan pertanian.

"Ada Desa Wara itu yang terdampak ada Dusun Landungdou. Sementara Desa Cenning itu yang terdampak Dusun Urukumpang, Tokatapi dan Salulemo, itu yang terendam ada rumah warga dan lahan pertanian," jelasnya.

Saat ini pihak pemerintah Kecamatan Malangke Barat mengimbau warga agar tetap waspada mengingat intensitas curah hujan masih tinggi dan dapat berpotensi terjadinya banjir susulan. Dia juga minta warga tak beraktivitas di pinggir sungai.

"Langkah-langkah yang telah kami lakukan yakni melakukan pendataan dan koordinasi dengan para Kades dan Kadus untuk mengimbau warga khususnya orang tua dan anak-anak untuk sementara tidak beraktivitas di sekitar pinggir tanggul atau bantaran sungai," tutup Sulpiadi.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5712562/2-desa-di-luwu-utara-sulsel-terendam-banjir-akibat-hujan-deras/amp

Comments