Banjir Mulai Melanda Sejumlah Kelurahan di Kota Palangka Raya

Redaksi


IDNBC.COM
  - Setelah beberapa hari belakangan ini konsentrasi publik ke banjir Katingan, Kotawaringin Timur, kini banjir sudah mulai melanda sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Banjir tersebut karena mulai meluapnya Sungai Rungan dan Sungai Kahayan yang melintasi wilayah setempat.


"Hujan mulai lebat baik di Palangka Raya maupun di wilayah hulu sehingga Sungai Rungan dan Kahayan tak mampu lagi menampung debit air. Dampaknya wilayah rendah terutama di bantaran sungai terendam luapan air," ujar Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Palangka Raya, Minggu.

Terkait dengan banjir yang sudah mulai melanda Palangka Raya saat ini, Fairid sudah melakukan pemantauan untuk memastikan kondisi rumah warga terendam banjir dan juga kondisi warga setempat.

"Kita ingin mengetahui kondisi di lapangan, keluhan dan kendala masyarakat sembari kita siapkan kebutuhan utama seperti makanan, obat-obatan dan tenda darurat," katanya.

Politisi Golkar ini mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti PLN untuk memperhatikan aliran listrik ke wilayah yang terdampak banjir. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita juga terus berkoordinasi dengan PLN terkait listrik dan PDAM untuk memastikan kebutuhan air bersih masyarakat terdampak banjir tetap tersedia dan terpenuhi," katanya.

Saat dikonfirmasi jumlah masyarakat di lima kelurahan di Kota Palangka Raya yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Kahayan dan Sungai Rungan, Fairid mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan.

"Kita masih terus melakukan pendataan. Kondisi kita masih terus berubah apalagi hujan juga masih terjadi. Tapi khusus untuk Kelurahan Palangka sampai tadi malam terdata 328 warga terdampak," katanya.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/infopbun/banjir-mulai-melanda-sejumlah-kelurahan-di-kota-palangka-raya-1wW2jgFtVvT

Comments