Sri Mulyani Mau Masyarakat Jago Baca APBN

Redaksi


IDNBC.COM  -
Menteri Keuangan Sri Mulyani punya harapan suatu saat nanti seluruh masyarakat bisa mengerti mengenai keuangan negara. Terutama bisa membaca instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Atas dasar itulah, kata Menkeu Sri Mulyani, Kementerian Keuangan tiap tahunnya menggelar olimpiade APBN. Selama ini, pembahasan mengenai APBN hanya dipahami sebagian orang, seperti hanya dalam pemerintahan, kalangan ekonom, maupun pembicaraan bersama anggota legislatif.

Sri Mulyani mau, dengan kian banyaknya pelajar dan mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini, mereka nantinya bisa menjadi duta untuk mengajarkan pemahaman seputar APBN ke ruang keluarga hingga lingkungan masyarakat.

"Kemenkeu betul-betul mencurahkan perhatian serius untuk mempresentasikan, membagikan, dan menyampaikan kepada publik, terutama generasi muda, mengenai instrumen APBN. Karena sebuah negara ditentukan nasibnya dan kemajuannya oleh rakyat dan bangsanya sendiri, terutama generasi muda,” ujar Sri Mulyani saat membuka olimpiade APBN 2021, Minggu (12/9).

"Dan sesudah ada rasa ingin tahu, makin mendalami dan memahami. Kemudian bahkan anak muda ini menjadi duta yang bisa menjelaskan pada masyarakat, pada saudaranya, kita harapkan suatu pemahaman bersama," sambung Sri Mulyani.

Bendahara negara menjelaskan, olimpiade kali ini diikuti oleh sebanyak 2072 peserta dari siswa SMP, SMA, hingga mahasiswa. Termasuk juga guru-guru yang nantinya ia harapkan bisa mengajarkan soal APBN di bangku sekolah.

Pada olimpiade kali ini, selain kegiatan debat APBN, juga diadakan lomba membuat vlog, konten tik-tok, cerdas cermat, hingga lomba pengajaran terkait APBN. Dia berharap media yang lebih kekinian tersebut dapat makin meningkatkan ketertarikan generasi muda memahami soal keuangan negara.

"Kita terus melakukan upaya berupa lomba atau olimpiade mengenai APBN. Kami di Kemenkeu meyakini semakin rakyat memahami APBN, semakin rakyat bisa menjaganya bersama, semakin rakyat memiliki daya kendali atas tujuan dan cita-cita yang akan diraih,” tutur Sri Mulyani.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/kumparanbisnis/sri-mulyani-mau-masyarakat-jago-baca-apbn-1wW2hoBXjmm

Comments