Anggota DPR Ingatkan Jangan sampai WNI dari Afghanistan Bawa Ideologi Teror

Redaksi


IDNBC.COM  -
Pemerintah berhasil melakukan operasi evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk keluar dari Afganistan. Ada sebanyak 26 WNI yang berhasil dipulangkan.


Namun, menurut Anggota Komisi 1 DPR Dave Laksono, pekerjaan pemerintah belumlah selesai.

Pemerintah masih harus memastikan apakah seluruh WNI dari Afghanistan tersebut, benar-benar tidak terkait jaringan kelompok terorisme.

“Apakah mereka dicurigai bergabung dalam gerakan yang mengarah ke terorisme. Itu perlu penanganan lebih lanjut,” kata Dave Laksono.



Dave menjelaskan, pemulangan WNI dari Afghanistan yang sedang bergejolak merupakan kewajiban pemerintah. Namun tetap perlu ada tindak lanjut untuk mengecek data para WNI tersebut.

Dia meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) perlu melakukan pendataan mengenai profil masing-masing WNI yang dipulangkan.

Pemerintah harus memeriksa alasan para WNI tersebut sebelumnya berada di Afghanistan atau yang terkait aktivitas mereka di sana.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan tes psikologi kepada mereka.
Sumber https://www.kompas.tv/amp/article/203753/videos/anggota-dpr-ingatkan-jangan-sampai-wni-dari-afghanistan-bawa-ideologi-teror

Comments