Aliansi Mahasiswa Kaltim Tolak Kedatangan Jokowi di Samarinda

Redaksi


IDNBC.COM  -
Aliansi mahasiswa Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar aksi turun ke jalan menolak kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Samarinda, Selasa (24/8).


Koordinator aksi, Jodi mengatakan pihaknya menolak kehadiran Jokowi karena kebijakan pemerintah pusat memperburuk kondisi masyarakat Kaltim di tengah pandemi Covid-19.

"Menolak Jokowi untuk hadir, karena Provinsi Kalimantan Timur tidak lepas dari angka kasus Covid-19 yang selalu meningkat. PPKM pun berlevel-level. Bagaimana rakyat tidak menderita," kata Jodi

Jodi mengatakan setidaknya ada tujuh masalah yang harus dituntaskan Jokowi. Pertama terkait kerusakan lingkungan. Kemudian terkait penanganan pandemi Covid-19. Jokowi diminta mengutamakan kesehatan masyarakat.

Selain itu, mereka juga mendesak Jokowi mengembalikan independensi KPK hingga mencabut Undang-undang Cipta Kerja.

"Presiden harus menyelesaikan segala permasalahan yang ada," ujarnya.

Selain turun ke jalan, kata Jodi, pihaknya juga akan memasang sepanduk penolakan di setiap jalan yang akan dilalui Jokowi, mulai dari Bandara Sungai Siring Samarinda hingga Jalan Pahlawan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kaltim, Selasa (24/8), untuk menghadiri sejumlah kegiatan.

Sejumlah agenda yang akan dilakukan Jokowi di Kaltim antara lain meresmikan ruas tol yang menghubungkan wilayah calon ibu kota negara baru, Tol Balikpapan-Samarinda ruas Balikpapan-Samboja; meninjau vaksinasi di Samarinda dan Balikpapan; memberikan arahan ke forum pimpinan daerah.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

"Mengawali agenda kerja di Provinsi Kalimantan Timur, Presiden akan menuju SMPN 22 Kota Samarinda untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar," ujar Bey dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/8).

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210824123239-20-684545/aliansi-mahasiswa-kaltim-tolak-kedatangan-jokowi-di-samarinda/amp

Comments