Ribuan Warga Kuba Berdemo Kecam Kinerja Pemerintah

Redaksi


IDNBC.COM  -
Ribuan warga Kuba turun ke jalan, mulai dari ibu kota Havana hingga ke Santiago, dalam berunjuk rasa menentang kinerja pemerintah. Mereka mengekspresikan rasa frustrasi atas kondisi perekonomian dan penanganan pandemi Covid-19.


Dalam sebuah pidato di televisi nasional pada Minggu petang, Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel menyalahkan Amerika Serikat atas unjuk rasa ribuan warga.

Menurutnya, demonstrasi terbaru ini merupakan suatu bentuk provokasi AS. Ia pun meminta para pendukungnya untuk melawan provokasi tersebut.

Dilansir dari laman The Globe and Mail, Senin, 12 Juli 2021, ribuan warga Kuba terlihat berkumpul di pusat kota Havana. Di sekitar mereka terlihat jajaran kepolisian serta beberapa kendaraan pasukan khusus Kuba.

Bentrokan sempat terjadi antara pedemo dan petugas keamanan. Beberapa orang yang dinilai sebagai provokator telah ditangkap polisi.

Awak media sempat menyaksikan polisi menggunakan semprotan merica dan pentungan terhadap pengunjuk rasa. Namun petugas cenderung menghindari kelompok massa dalam jumlah besar yang terus meneriakkan yel-yel "kebebasan" di wilayah pusat ibu kota.

"Presiden Diaz-Canel harus turun," teriak sekelompok demonstran lainnya.

Dalam unjuk rasa di wilayah San Antonio de los Banos, provinsi Artemisa, ratusan warga terlihat turun ke jalan. Mereka meminta pemerintah untuk memperbaiki kinerja, mulai dari pengadaan vaksin Covid-19 hingga solusi masalah pemadaman listrik yang terjadi hampir setiap hari.

"Saya sedang jalan untuk membeli makanan, dan saya melihat ada banyak orang berunjuk rasa," tutur seorang warga lokal, Claris Ramirez.

"Mereka memprotes pemadaman aliran listrik dan minimnya ketersediaan obat-obatan," sambung dia.

Diaz-Canel, yang baru saja pulang dari San Antonio de los Banos, mengatakan bahwa tuntutan demonstran murni berasal dari dalam diri mereka. Namun ia menuding AS telah memanipulasi gerakan unjuk rasa ini melalui kampanye media sosial dan "tentara bayaran" di lapangan.

Ia mengingatkan bahwa "provokasi" lebih lanjut dari AS tidak akan dibiarkan begitu saja.

Sumber https://m.medcom.id/amp/9K5QEB3K-ribuan-warga-kuba-berdemo-kecam-kinerja-pemerintah

Comments