Pesohor Meninggal karena Covid-19, dari Ki Manteb Sudarsono hingga Yopie Latul

Redaksi


IDNBC.COM
  - Meninggalnya Ki Manteb Sudarsono  pada Jumat, 2 Juli 2021, menambah panjang daftar pesohor yang menjadi korban Covid-19. Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu setengah tahun ini telah menelan banyak korban. Angka positif tertular sudah mencatat 2,2 juta orang dan yang meninggal hampir 59 ribu orang. 


Berikut ini, Tempo mencatat para pesohor atau selebritas tanah air yang meninggal saat menjalani perawatan atau setelah perawatan Covid-19:

1. Yopie Latul

Pelantun lagu Poco-poco itu meninggal di rumah sakit daerah Cibinong, Jawa Barat pada Rabu, 9 September 2020 di usia 65 tahun usai dinyatakan positif Covid-19. Yopie adalah penyanyi populer di era 90-an dengan ciri khas suara yang melengking.

2. Syekh Ali Jabber

Ulama kondang, Syekh Ali Jaber meninggal dunia dalam kondisi negatif Covid-19 di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 14 Januari 2021. Sebelumnya, Syekh Ali Jaber sempat terpapar Covid-19 pada akhir tahun lalu namun sebelum meninggal dikabarkan sudah sembuh dari Corona. Ulama pejuang Al-Quran ini memiliki riwayat darah kental. Lantaran sudah dinyatakan negatif, pemakamannya dihadiri dan disalatkan ribuan orang. 

3. Soraya Abdullah

Mantan aktris, Soraya Abdullah Balvas yang sudah hijrah meninggal pada 1 Februari 2021 di usianya yang ke-42 tahun akibat Covid-19. Soraya terinfeksi Covid karena tertular dari suaminya. Sebelum meninggal, Soraya yang membintangi sinetron Gerhana 2 ini sempat mencari donor plasma konvalesen. 

4. Rina Gunawan

Presenter dan aktris Rina Gunawan meninggal dunia diduga karena Covid-19, 2 Maret 2021. Rina meninggal saat sedang menjalani perawatan. Kepada Ashanty, Rina Gunawan mengaku memiliki penyakit bawaan asma dan sempat dirawat di ICU.

5. Raditya Oloan

Pendeta dan mantan aktor, Raditya Oloan, meninggal pada 6 Mei 2021 dalam kondisi sudah negatif Covid-19. Kondisi suami aktris, Joanna Alexandra ini memburuk setelah mengalami badai sitokin. Menurut Joanna, kondisi suaminya sudah dinyatakan negatif Covid tapi ia memiliki penyakit penyerta yang membuatnya mengalami sesak napas dan gangguan ginjal.

6. Wan Abud

Aktor senior, Fuad Alkhar atau akrab disapa Wan Abud meninggal pada 18 Juni 2021 di RS UI, Depok, Jawa Barat. Keluarganya mengakui Wan Abud positif Covid-19. Aktor film Catatan Si Boy IV ini dirawat dan dikebumikan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

7. Steven N Kaligis

Musisi, Steven N. Kaligis, vokalis grup Steven & Coconuttreez meninggal pada 22 Juni 2021. Sahabatnya, Sandy Pas Band menuliskan, Steven meninggal dalam masa isolasi mandiri, hal yang sekarang dilakukan oleh pasien positif Covid-19. Steven and Coconuttreez merupakan sebuah grup musik bergenre Reggae yang terkenal dengan lagunya Welcome to My Paradise.  

8. Edy Oglek

Aktor sinetron, Edy Suwandi atau yang lebih dikenal dengan Edy Oglek meninggal pada 28 Juni 2021 karena Covid-19. Saat meninggal, Edy yang pernah bermain di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Panji Manusia Milenium, dan Tukang Bubur Naik Haji ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

9. Aria Baron

Aria Baron, eks gitaris Band Gigi meninggal pada 29 Juni 2021 dalam perawatan karena Covid-19 di RSPAD Jakarta. Ia memiliki penyakit penyerta diabetes yang memperparah sakitnya hingga terus mengalami kristis. Profesor musik Indonesia ini sempat menjalani tranfusi donor plasma konvalesen. 

10. Ki Manteb Sudarsono

Dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono tutup usia pada Jumat, 2 Juli 2021. Seniman berjuluk dalang setan itu meninggal saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Sepulang dari Jakarta, ia dan istrinya positif saat dites rapid Antigen. Dalam masa isolasi mandiri, Ki Manteb diawasi ketat oleh dokter. 

Sumber https://seleb.tempo.co/read/1478997/pesohor-meninggal-karena-covid-19-dari-ki-manteb-sudarsono-hingga-yopie-latul/full

Comments