Jokowi: Tak Ada Tempat Lebih Baik Selain di Rumah

Redaksi


IDNBC.COM
  - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar tetap di rumah. Hal itu ia sampaikan pada hari ketiga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat Jawa-Bali.


Jokowi berharap masyarakat menghindari kerumunan saat ini. Ia menyampaikan pesan disertai gambar perempuan mencuci tangan dan memakai masker.

"Selamat pagi. Tak ada tempat yang lebih baik saat ini selain di rumah saja dan menjauhi kerumunan," tulis Jokowi dalam akun Instagram @jokowi, Senin (5/7).

Jokowi menyebut belajar dan bekerja di rumah dapat melindungi diri, keluarga, serta lingkungan. Tindakan itu juga membantu meringankan beban para tenaga kesehatan yang sibuk menangani pasien Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap masyarakat bersatu padu melawan Covid-19. Menurutnya, pandemi virus corona perlu dihadapi oleh seluruh elemen bangsa.

"Dengan persatuan dan gotong-royong, kita akan melalui masa-masa sulit ini bersama-sama," ujar Jokowi.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. Kebijakan ini diterapkan di 122 kabupaten/kota yang menyandang status level 4 dan level 3 berdasarkan kriteria WHO.

Sejumlah pembatasan diterapkan selama PPKM Darurat. Beberapa di antaranya adalah kerja di rumah 100 persen untuk sektor nonesensial, penutupan pusat perbelanjaan, dan peniadaan kegiatan sosial kemasyarakatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Namun pada kenyataannya, kemacetan parah justru terjadi di Jakarta, termasuk di ruas tol dalam kota, pada hari ketiga penerapan PPKM darurat. Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan kemacetan tersebut merupakan dampak dari penyekatan di beberapa pintu keluar tol.

Begitu pula kepadatan penumpang di sejumlah stasiun kereta rel listrik (KRL) menuju Jakarta pada pekan pertama PPKM. Keramaian terlihat sejak pukul 05.30 WIB, dari Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan menuju stasiun Tanah Abang, Jakarta.

Warga tetap pergi ke kantor untuk bekerja, meski PPKM darurat mengatur bekerja dari rumah.

Indonesia telah melaporkan 2.284.084 kasus positif Covid-19 per Minggu (4/7). Sebanyak 295.228 orang masih dalam perawatan, 60.582 orang meninggal dunia, dan 1.928.274 orang sembuh.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210705111902-20-663238/jokowi-tak-ada-tempat-lebih-baik-selain-di-rumah/amp

Comments