Banjir di Aceh Besar Rendam 486 Rumah di Lima Kecamatan

Redaksi


IDNBC.COM -
Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Aceh Besar mengakibatkan 486 unit rumah terendam banjir. Sementara saat ini ketinggian air bervariasi dari 30 cm hingga 100 cm.


Banjir di Aceh Besar yang terjadi sejak Minggu (11/7) menggenangi 14 desa dalam lima Kecamatan, masing-masing yakni Kecamatan Leupung, Lhoong, Peukan Bada, Darul Imarah dan Darul Kamal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan kawasan terparah yang terendam banjir yaitu Kecamatan Darul Imarah. Ketinggian air di sana, tepatnya di Desa Gue Gajah hingga 1 meter.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak tanggal 09 Juli kemarin di Aceh Besar mengakibatkan terjadinya banjir, ketinggian air bervariasi mulai 20-100 cm. Di Desa Gue Gajah ketinggian air 50-100 cm," kata Ilyas dalam keterangannya, Senin (12/7).

Sementara ini, petugas BPBD sudah mengevakuasi 428 jiwa untuk di tempatkan di tenda pengungsian yang berlokasi di SD Garot dan Ma'had Darul Tahfiz Al-Ikhlas.

Dalam melakukan evaluasi pihaknya juga mengalami kendala seperti akses menuju lokasi banjir yang ketinggian airnya bervariasi. Kemudian jarak lokasi banjir kejauhan hingga jaringan komunikasi terganggu.

"Sebagian warga juga enggan mengungsi dan memilih bertahan di rumah masing-masing sehingga menyulitkan petugas dalam pendataan," ujarnya.

Sementara itu dihimpun CNNIndonesia.com, banjir juga terjadi di berbagai daerah di Aceh, seperti di Aceh Timur yang merendam satu Kecamatan, di Kabupaten Aceh Jaya dan Nagan Raya.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210712141101-20-666529/banjir-di-aceh-besar-rendam-486-rumah-di-lima-kecamatan/amp

Comments