Arab Saudi Bantah Indonesia Tak Dapat Kuota Haji, Tagar #MenagUnfaedah Trending Topic

Redaksi


IDNBC.COM
- Hashtag atau tagar #MenagUnfaedah masuk dalam trending topic Twitter setelah bantahan dari Duta Besar Arab Saudi mengenai Indonesia yang tak mendapatkan kuota Haji 2021.


Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, mengirimkan surat ke Ketua DPR RI, Puan Maharani. 

Surat tersebut menegaskan jika otoritas Arab Saudi sama sekali belum mengeluarkan instruksi mengenai pelaksanaan haji untuk seluruh jamaah di dunia, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Indonesia tidak mendapat kuota haji di tahun 2021 ini, karena Indonesia masih melakukan proses vaksinasi Covid-19.

Begitu juga dengan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily yang mengatakan hanya 11 negara yang mendapat kuota haji 2021 dari Arab Saudi, dan Indonesia tidak termasuk.

Pemerintah melalui Menag Yaqut Cholil Qoumas kemudian mengumumkan bahwa Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji di tahun 2021 ini.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Menag Yaqut, Kamis (3/6/2021).

Hal tersebut memancing reaksi dari netizen di Twitter yang merasa pemerintah melakukan kebohongan terkait keberangkatan jamaah Indonesia untuk Ibadah Haji 2021.

"Saya lebih percaya surat resmi dari dubes Saudi ... pemerintah kebanyakan bohong ..... menag tdk punya kemampuan diplomasi negosiasi dgn saudi," tulis salah satu netizen.

"Karna uang nya udah habis makanya quota haji gak dapat Kan logis ..#MenagUnfaedah," tulis netizen lainnya.

Sumber https://www.indozone.id/amp/r8sWQ4m/arab-saudi-bantah-indonesia-tak-dapat-kuota-haji-tagar-menagunfaedah-trending-topic

Comments