Menhan Prabowo Kunjungi Korsel Hadiri Peluncuran Jet Tempur KF-X

Redaksi


IDNBC.COM
- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Korea Selatan pada Rabu (6/4). Ia akan menghadiri upacara peluncuran prototipe jet tempur KF-X, hasil kerja sama Indonesia-Korea, menurut laporan media lokal Yonhap. 


Prabowo direncakan bertemu dengan para pejabat senior Korsel, termasuk Menteri Pertahanan Suh Wook.

Rencana kedatangan Prabowo sempat dipertanyakan, terutama terkait komitmen Indonesia pada  proyek tersebut di tengah spekulasi bahwa Indonesia keluar dari bisnis tersebut.

Keikutsertaan Pemerintah Indonesia di proyek jet tempur tersebut tak berjalan mulus. Indonesia disebut sempat terlambat membayar komitmen pendanaan.

Indonesia telah berjanji untuk menanggung 20 persen dari biaya pengembangan pesawat tempur baru 8,8 triliun won (sekitar 7,9 miliar dolar AS), tetapi telah berhenti melakukan pembayaran setelah menginvestasikan 227,2 miliar won, dengan sekitar 600 miliar won terlambat.
Perhatian tertuju pada apakah kerja sama pertahanan antara kedua belah pihak akan kembali ke jalurnya dengan kunjungan Prabowo.

Kementerian pertahanan Seoul mengatakan kedua negara telah melakukan pembicaraan untuk mengatur pertemuan antara dua menteri pertahanan itu.

Kehadiran Prabowo menunjukkan tanda bahwa Indonesia masih berkomitmen dalam proyek bersama jet tempur KFX/IFX

Selain proyek jet tempur, Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Korea Selatan pada 2019 untuk membeli tiga kapal selam. Sayangnya, belum ada kelanjutan signifikan dari rencana tersebut.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/07/482219/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-07-482219-menhan-prabowo-kunjungi-korsel-hadiri-peluncuran-jet-tempur-kf-x

Comments