Banjir Terjang Dompu NTB Buntut Marak Penebangan Liar

Redaksi


IDNBC.COM
- Banjir menerjang Desa Daha Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (28/2). Ratusan keluarga terdampak banjir tersebut dan membutuhkan bantuan kebutuhan pokok.


Mengutip Antara, banjir yang terjadi pada pukul 01.00 WITA itu adalah akibat dari intensitas hujan yang tinggi. Begitu banyak lahan tandus akibat penebangan liar juga turut menjadi faktor, karena semakin sedikit daerah resapan air.

Penumpukan sampah di sejumlah lokasi pun menjadi soal. Terutama di titik-titik yang membuat aliran sungai terhambat.

Dusun dan korban terdampak banjir berdasarkan data BPBD setempat adalah 105 KK di Dusun Daha Barat, 85 KK di Dusun Sori Rewa, 50 KK di Dusun Asi Peke, 40 KK di Dusun Daha Timur, 80 KK di Dusun Tolo Ndaja, 63 KK di Dusun Tolo Rodi, 20 KK di Dusun Fo'o Kompo.

Selain itu, ada 36 rumah hanyut 36, lahan pertanian yang terdampak lebih kurang 50 hektare, dan saluran irigasi yang rusak berat 50 meter.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah didampingi Bupati Dompu, Kader Jaelani meninjau secara langsung lokasi banjir di Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin (1/3).

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana banjir, longsor dan angin kencang yang kapan saja bisa terjadi.

"Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana akibat curah hujan yang begitu tinggi di musim ini," ujarnya.

Usai meninjau, dia menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir berupa, mie instan 100 dus, air mineral 35 dus, terpal 50 buah, selimut 50 buah, paket sandang 25, family kit 10 buah, perlengkapan bayi 5 buah, paket kebersihan 5, baju SMU 7 lusin, BH 45 potong, tikar 5 lembar dan masker kain 2.000 buah.

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Dompu juga melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini dan menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210301202532-20-612390/banjir-terjang-dompu-ntb-buntut-marak-penebangan-liar/amp

Comments