Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Sebut Puncak Musim Hujan Tiba

Redaksi


IDNBC.COM
- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara tengah memasuki puncak musim hujan. Masyarakat perlu waspada puncak musim hujan diikuti cuaca ekstrem.


"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Selasa (19/1).


Dwikorita menjelaskan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Klimatologi Herizal menjelaskan, puncak musim hujan di wilayah Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

"Kami mengimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini," ujar Herizal.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menambahkan, potensi cuaca ekstrem diprediksi dapat terjadi pada 19-25 Januari 2021.

Daerah yang berpotensi terpapar cuaca ekstrem antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, serta hujan lebat disertai kilat/petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

Dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan Badan Informasi Geospasial (BIG), perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah. Daerah itu antara lain Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, sebagian besar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Kemudian Jawa Timur bagian tengah dan timur, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat wilayah Kepala Burung dan Provinsi Papua bagian tengah.

Daerah-daerah itu berpotensi terjadi banjir kategori menengah pada Dasarian III (sepuluh hari ke-3) di bulan Januari 2021.

"Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang kemungkinan bisa terjadi dalam waktu dekat," kata Guswanto.

Cuaca Jakarta

Khusus di Jakarta, prakiraan cuaca pada hari ini memprediksi hujan ringan merata di ibu kota.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat pada siang hingga dini hari nanti. Suhu di empat wilayah itu berkisar antara 24 hingga 32 derajat celsius.

Sementara Jakarta Utara diprediksi berawan pada siang hingga malam hari dan hujan ringan pada dini hari dengan kisaran suhu 25 hingga 31 derajat celsius.

Kepulauan Seribu berawan pada siang hari, hujan sedang malam hari dan hujan ringan pada dini hari dengan suhu berkisar 26 hingga 31 derajat celsius.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210120093315-20-596023/bmkg-sebut-puncak-musim-hujan-tiba-waspada-cuaca-ekstrem




Comments