Hari Ini Pilkada 2020, Satgas Covid-19 Ingatkan Protokol Kesehatan Saat Coblosan

Admin


IDNBC.COM
- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kembali seluruh pihak agar menaati protokol kesehatan saat Pilkada 2020 diselenggarakan.


Sebagaimana diketahui, Pilkada 2020 dijadwalkan hari ini, 9 Desember 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pun telah mengeluarkan peraturan protokol kesehatan secara lengkap.


"Pastikan semua individu yang bertugas memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas juga wajib mengingatkan pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin yang sama," ujar Satgas Covid-19, dikutip dari tempo, Rabu, 9 Desember 2020.


Selain itu, Tim Satgas Covid-19 yang berada di daerah pun telah dikerahkan untuk mengawasi ketat penyelenggaraannya. Jika terjadi kerumunan, maka satgas akan langsung memberikan teguran.


"Lalu, apabila yang bersangkutan tidak mau menerima teguran, Satgas (Covid-19) daerah berhak untuk membubarkan," kata Wiku.


Wiku menuturkan, untuk masyarakat yang akan menyalurkan hak pilihnya, wajib menerapkan protokol kesehatan. Apabila tidak, dapat diberi sanksi berupa teguran atau tidak diterima di TPS. Ia mengingatkan, penyelenggara pilkada dan satgas di daerah telah bekerja keras agar memastikan pilkada serentak ini berjalan dengan baik dan aman dari penularan Covid-19.


Di sisi lain, apabila masyarakat mendapati ada pelanggaran di tempatnya memilih, masyarakat berhak melapor ke petugas dan meminta petugas melakukan tindak yang tegas.


"Ingat, pilkada serentak tahun 2020 ini, harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Dan keberhasilannya sangat bergantung pada upaya kita semua untuk saling mendukung dan bertanggungjawab atas peran masing-masing," ucap Wiku.


Comments