Densus 88 Tangkap Buronan Bom Bali 1, Panglima Tentara Jamaah Islamiyah

Admin


IDNBC.COM
- Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil meringkus panglima Askari alias tentara Jamaah Islamiyah (JI) Zulkarnaen. Zulkarnaen merupakan DPO (daftar pencarian orang) yang terlibat dalam kasus terorisme Bom Bali 1 Tahun 2001 silam.


"Penangkapan dilakukan pada Kamis (10 Desember 2020) di Lampung Timur, sekitar pukul 19.30, tanpa perlawanan," kata Argo dalam keteranganya, dikutip dari Okezone, Sabtu (12/12/2020).


Zulkarnaen, kata Argo memiliki beberapa nama antara samaran, antara lain Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman. Dia juga terlibat dalam penyembunyiaan DPO atas nama Udin alias Upik Lawangan alias Taufik Bulaga yang merupakan ahli perakit bom.


"Zulkarnain adalah panglima Askari (tentara) Jamaah Islamiyah ketika Bom Bali 1," ungkapnya.


Selain itu, sambung Argo, Zulkarnain juga merupakan orang yang membentuk unit khos yang dalam struktur Jamaah Islamiyah merupakan satu unit tentara khusus. Tentara khusus itu terlibat dalam beberapa konflik agama, seperti di Poso, Sulawesi Tengah pada 2000 silam dan konflik bernuansa SARA di Ambon tahun 2011 lalu.


Comments