BMKG: Puncak Musim Hujan di Indonesia Terjadi Januari Hingga Awal Februari

Redaksi


IDNBC.COM
- BMKG memprediksi puncak musim hujan di Indonesia bakal terjadi pada bulan Januari hingga Februari. Hal ini dipaparkan berdasarkan pantauan dan pengamatan BMKG pada pergerakan angin dan badai di kawasan Indonesia. 


"Jadi BMKG memperkirakan di setiap daerah-daerah beda-beda puncaknya, ini yang sedang kita hadapi di Januari memang perkiraan BMKG puncak musim hujan itu dominasinya adalah di Januari dan awal Februari," kata Dodo Gunawan, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim, BMKG pada diskusi virtual, Sabtu (23/1).

Maka BMKG meminta masyarakat untuk waspada menghadapi musim hujan ini. Ditakutkan, hujan yang cukup besar memicu bencana banjir seperti yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Papua.

"Jadi daerahnya puncak-puncak musim hujan, dan nanti Februari termasuk Kalimantan Selatan juga biru tua adalah di Januari. Jawa antara Januari dan Februari, tingkat kewaspadaan kita masih puncak musim hujan beberapa bulan lagi dari saat ini," ucap Dodo.

Dari data yang dipaparkan, Dodo menjelaskan ada 94 persen kawasan Indonesia yang saat ini tengah memasuki musim penghujan. Tinggal ada 6 persen kawasan yang belum terpengaruh musim hujan.

Sumber https://m.kumparan.com/kumparannews/bmkg-puncak-musim-hujan-di-indonesia-terjadi-januari-hingga-awal-februari-1v2FzgcF3UV/full




Comments