Mengejutkan! Biden Menang di Arizona, Lumbung Suara Partai Trump

Admin


IDNBC.COM
- Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden unggul di negara bagian Arizona. Wilayah itu sempat dimenangkan Donald Trump pada 2016 sekaligus lumbung suara bagi Partai Republik.

 

Dilansir AFP, hal itu diketahui berdasarkan hasil proyeksi pilpres AS oleh Fox News dan Associated Press, Rabu (4/11).


Menurut proyeksi Fox News, Biden unggul dengan perolehan 51,4 persen suara sementara Trump dengan 47,3 persen suara. Sebagai informasi, Arizona memiliki total sebelas suara elektoral.

 

Dilansir Associated Press, Biden menjadi capres Partai Demokrat kedua sejak 1948 yang mengklaim kemenangan di kubu Partai Republik.


Biden diuntungkan dari perubahan demografi di negara bagian tersebut dan berhasil memenangkan suara dari "swing voters". Trump telah mengupayakan pergerakan agresif untuk menggaet suara di Arizona, namun nampaknya upayanya sia-sia.

 

Trump gagal mempertahankan Arizona yang ia menangkan pada 2016 lalu dengan 3,5 poin persentase.


Selama berpekan-pekan sebelum penutupan kampanye, Trump dan tim kampanyenya diketahui kerap berulang kali mengunjungi negara bagian itu.

 

Sebelas suara elektoral Arizona telah menjadi pertaruhan yang aman bagi Partai Republik di sebagian besar pilpres selama tujuh dekade terakhir, tapi sepertinya itu tidak berlaku tahun ini.


Comments