Soal Pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri, Ini Kata Kapolda Metro Jaya..

Admin


IDNBC.COM
- Kasus dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dalam tahap penyidikan. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Karyoto menjawab soal jadwal Ketua KPK Firli Bahuri diperiksa.


"Kalau memang sudah layak untuk diperiksa dimintai keterangan sebagai saksi ya kita minta," ujar Karyoto di Masjid Al Kautsar Polda Metro Jaya, Jumat, 13 Oktober 2023.


Karyoto tidak menginformasikan kapan Firli diperiksa dalam kasus dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK. Alasannya karena penyidik yang menangani perkara belum memberi tahu perkembangannya.


Jenderal bintang dua itu mengatakan seseorang akan diperiksa dalam suatu perkara jika diduga terlibat. "Kaitannya dong, terkait atau tidak," tutur eks Deputi Bidang Penindakan KPK tersebut.


Karyoto menyebut perkara ini terus berlanjut walau Syahrul Yasin Limpo sudah ditangkap KPK pada kemarin malam. Suatu perkara tidak bisa diberhentikan proses hukumnya tanpa dasar.


"Tapi kalau memang lanjut harus ada sampai ke situ, sesuai dengan fakta perbuatan secara materiel, ya harus kita lanjutkan," kata perwira tinggi Polri itu.


Perkara dugaan pemerasan ini berawal dari pengaduan masyarakat pada 12 Agustus 2023 ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Laporan itu disebut bahwa aktor pemerasnya adalah diduga pimpinan KPK, yang kejadiannya pada 2020 hingga 2023 di lingkungan Kementerian Pertanian.


Saksi yang sudah diperiksa di antaranya Syahrul Yasin Limpo beserta sopir dan ajudan, serta Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar. Kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan pada Jumat, 6 Oktober 2023.


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak tidak bisa memastikan kapan jadwal pemanggilan Firli Bahuri. Eks Kapolresta Surakarta itu hanya menjawab akan membahas lagi perihal jadwal pemeriksaan.


"Nanti kita bahas lagi," tutur Ade saat ditemui terpisah usai Salat Jumat di Polda Metro Jaya.


https://metro.tempo.co/read/1783592/kapolda-metro-jawab-soal-pemeriksaan-firli-bahuri-kalau-sudah-layak-diperiksa-kita-minta


Comments