Sri Mulyani: Korupsi Musuh Paling Ampuh Buat Negara Hancur

Redaksi


IDNBC.COM  -
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ada penyakit yang membuat banyak negara di dunia lumpuh. Penyakit itu sekaligus musuh yang bisa menghancurkan beberapa negara.


Penyakit dan musuh yang dimaksud oleh Sri Mulyani adalah korupsi.

"Memang korupsi menjadi salah satu penyakit yang banyak sekali di semua negara di dunia melumpuhkan negara tersebut, sering korupsi merupakan musuh yang paling ampuh membuat suatu negara itu hancur," ujarnya dalam acara Peluncuran Buku Indonesia 2045, Jumat (20/8).

Bendahara negara juga mengingatkan selain korupsi, yang penting untuk menjaga keberlangsungan negara adalah institusi yang sehat. Institusi yang sehat ini, juga berperan dalam mengentaskan negara termasuk Indonesia dari jebakan negara pendapatan menengah (middle income trap).

"Namun, kalau kita bicara tentang institusi yang sehat beyond corruption, itu juga penting. Bagaimana memformulasikan sebuah policy (kebijakan) yang baik di mana, konflik kepentingan akan muncul, di mana kompetisi antar kepentingan akan muncul," imbuhnya.

Untuk menciptakan institusi yang baik, lanjutnya, maka dibutuhkan reformasi birokrasi. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki sejumlah pengalaman dalam reformasi birokrasi termasuk reformasi birokrasi yang gagal maupun sukses.

"Saya rasakan betul karena saya bergelut di Kementerian Keuangan, sebuah reformasi fundamental mengenai keuangan negara, perbendaharaan negara, desentralisasi, dan sebagainya. Itu merupakan area yang luar biasa baru," ujarnya.

Pengaruh buruk korupsi di Indonesia juga pernah disampaikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Ia mengungkapkan bahwa persepsi korupsi di negara masih terlalu tinggi. Tercatat, Indonesia berada di urutan 85 dari 180 negara.

Kondisi itu membuat peringkat kemudahan berusaha (Ease of Doing Business/EoDB) Indonesia cenderung stagnan di peringkat 73 dari 190 negara.

"Kenapa ini terjadi? Sebenarnya kan pengusaha ini mohon maaf ya, pengusaha ini kalau izinnya dikasih baik-baik tanpa harus pakai cara-cara yang tidak elok itu mereka lebih senang. Tetapi kalau izinnya ditahan-tahan, dikompromi-kompromikan ya terpaksa pengusaha itu pasti banyak caranya," tuturnya beberapa waktu lalu.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210820100640-532-682833/sri-mulyani-korupsi-musuh-paling-ampuh-buat-negara-hancur/amp

Comments