Satgas: Hewan Terpapar Covid-19 Tak Menular ke Manusia

Redaksi


IDNBC.COM  -
Satgas Penanganan Covid-19 memastikan hewan peliharaan maupun liar yang terinfeksi virus corona tidak akan menularkan virus tersebut ke manusia yang berinteraksi dengan mereka.


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hewan terpapar Covid-19 bukan hal baru. Hingga saat ini terdapat 500 kasus Covid-19 dari 10 spesies hewan yang tersebar di 30 negara.

"Penting diketahui bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi covid-19 dapat menularkan virus ke manusia. Oleh karena itu, masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau tidak panik," kata Wiku, Selasa (3/8).

Wiku meminta masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar senantiasa menyuplai makanan sehat. Hewan peliharaan yang menunjukkan gejala-gejala sakit atau menjurus Covid-19 agar segera dibawa ke dokter hewan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sebelumnya menyebut beberapa gejala pada hewan yang terpapar Covid-19, di antaranya yakni batuk, kesulitan bernapas atau sesak napas, lesu, bersin, pilek, kotoran berlebih pada mata, muntah, hingga diare.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaan ketika sedang terinfeksi covid-19. Kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan ke dokter hewan jika menunjukkan gejala," ujar Wiku.

Sebelumnya, dua Harimau Sumatera bernama Hari dan Tino di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua harimau harus menjalani isolasi dari binatang lain.

Saat ini keadaan Hari dan Tino sudah berangsur pulih. Pengelola TMR terus berupaya melakukan pelacakan sumber penularan Covid-19 terhadap dua Harimau Sumatera itu.

Pelacakan dilakukan baik terhadap petugas maupun hewan lainnya di Ragunan.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi mengatakan sejauh ini petugas yang merawat dua harimau bernama Tino dan Hari itu dalam kondisi sehat.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210803191242-20-675962/satgas-hewan-terpapar-covid-19-tak-menular-ke-manusia/amp

Comments