Pesta Pelajar Makassar di Tengah Pandemi Kembali Bikin Gempar

Redaksi


IDNBC.COM  -
Sebuah video yang menampilkan pesta pelajar di Makassar, Sulawesi Selatan, kala PPKM level 4 viral di media sosial. Disebut-sebut pesta itu merupakan acara prom night para pelajar salah satu SMA di Gowa.


Dalam unggahan yang viral, terlihat pesta prom night itu diisi dengan iringan band dan live music. Tamu yang hadir pun tampak duduk tanpa jaga jarak dan tanpa masker.

Dalam postingan lainnya, tampak para peserta berfoto bersama tanpa menggunakan masker.

Satpol PP Bertindak

Plt Kasatpol PP Kota Makassar Iqbal Asnan mengatakan pihaknya langsung mengambil tindakan terkait peristiwa tersebut. Pihak pengelola hotel dipanggil dan diperiksa untuk dimintai klarifikasi terkait kegiatan perpisahan sekolah itu.

Lebih lanjut Iqbal mengaku tidak mengetahui adanya gelaran prom night tersebut. Dia menegaskan tidak ada pemberitahuan dari pihak hotel.

"Tentang pemberitahuan (kegiatan) sama sekali tidak ada (dari pihak hotel)," kata Iqbal.

Pihak Hotel Ngaku Kecolongan

Pihak Hotel Claro Makassar buka suara atas kejadian ini dan menyebut acara itu tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes).

"Pakai prokes dari awal, pakai prokes pasti, kebetulan, kalau saya ngobrol sama EO-nya setelah selesai makan, mereka nonton nyanyi, habis selesai makan dan acara, habis itu pakai masker lagi," kata Marketing Communication Manager Hotel Claro, Richwan Wahyudi, saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021).

"Mereka tidak pakai nama sekolah, karena ini lulusan tahun 2020, bikin acara ramah tamah. itu kapasitas 250 orang, tapi mereka 50 orang dan termasuk dengan EO," terangnya.

Pihaknya mengaku kecolongan atas peristiwa ini. Padahal, kata Wahyudi, pihak keamanan hotel telah keluar-masuk mengingatkan tamu untuk tetap mematuhi prokes selama kegiatan berlangsung. Kegiatan alumni sekolah ini juga terjadi pada 10 Agustus lalu.

"Itu kecolongan, habis makan mereka ternyata duduk, kebetulan videonya seperti itu, karena sekuritiku bolak-balik itu, jangan ini-jangan ini (mengingatkan prokes)," sebutnya.

Walkot Murka

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto kaget setelah melihat video viral pelanggar prokes di Makassar. Ia kemudian meminta camat/lurah memastikan asal dan penyelenggara acara perpisahan tersebut.

"Iya tadi pagi pagi sekali saya dapat videonya itu, kemudian kami minta untuk segera mengontak yang punya hotel, kami minta segera mengontak punya hotel. Ternyata itu dari SMA di Gowa tapi dia bikin acara tidak berdasarkan nama SMA-nya, menurut hotel itu hanya 50 orang dan prokes," jelasnya.

Sementara itu, terkait sejumlah peserta yang tidak menggunakan masker, Danny menerima laporan bahwa mereka beralasan tak memakai masker lantaran sedang makan.

"Saya tanya kenapa begitu, jawabnya, saat makan mereka lalu bernyanyi-nyanyi. Makanya harus dikontrol juga. Ternyata prom night itu inisiasi sendiri, tadinya mau kasih sanksi hotel, tapi saya pertimbangkan dulu. Mengapa lengah sampai seperti itu, menurut dia dari awal 50 orang dan prokes," tutupnya.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5680041/pesta-pelajar-makassar-di-tengah-pandemi-kembali-bikin-gempar

Comments