Asosiasi Duta Besar Nigeria Minta Dubes Indonesia Usra Harahap Kembali ke Jakarta

Redaksi


IDNBC.COM  -
Penganiayaan seorang diplomat asal Nigeria berbuntut panjang. Setelah Duta Besar Nigeria untuk Indonesia Usman Ogar dipanggil pulang ke negaranya, kini giliran Dubes Indonesia untuk Nigeria Usra Harahap yang diminta kembali ke Jakarta.


Permintaan tersebut disampaikan Asosiasi Profesi Hubungan Luar Negeri Nigeria pada Rabu (11/8) waktu setempat.

Dikutip dari media lokal, asosiasi yang terdiri dari duta besar yang masih menjabat dan pensiunan itu, mengatakan agar Dubes Indonesia dikembalikan ke Jakarta sampai ada penjelasan mengenai posisi Nigeria dan langkah-langkah pemulihan yang diperlukan.

Asosiasi itu menggambarkan bahwa peristiwa kekerasan yang dialami diplomatnya oleh pejabat Imigrasi Indonesia adalah idak diplomatis dan tidak beradab.

Asosiasi mengatakan akan mendukung deklarasi untuk staf kedutaan Indonesia di Nigeria dengan persona non grata, yang akan menyebabkan penarikan mereka ke Jakarta.
Sebelumnya beredar video viral yang menunjukkan sejumlah oknum petugas imigrasi Indonesia menganiaya seorang warga negara asing, yang belakangan diketahui sebagai diplomat Nigeria.

Pemerintah Nigeria mengutuk keras insiden itu, sementara pihak Indonesia melalui duta besarnya di Abuja telah menyampaikan permohonan maaf.

Menteri Luar Negeri, Geoffrey Onyeama, selanjutnya memanggil utusan Indonesia pada Senin, dan melakukan briefing kepada jajaran Nigeria pada selasa mengenai langkah-langkah selanjutnya.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/12/500220/asosiasi-duta-besar-nigeria-minta-dubes-indonesia-usra-harahap-kembali-ke-jakarta

Comments