Mural 'Kami Lapar Tuhan' di Tanah Abang Jakpus Juga Dihapus

Redaksi


IDNBC.COM  -
Mural di wilayah Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat dihapus pada Kamis (26/8) sore. Mural itu salah satunya bertuliskan "Kami Lapar Tuhan".


Berdasarkan foto yang diabadikan jurnalis foto CNNIndonesia.com, mural itu terlihat bergambar televisi dengan tulisan pertama "Yang Bisa Dipercaya dari TV Cuma Adzan", dan tulisan kedua "Kami Lapar Tuhan". Sementara di samping gambar televisi, terdapat kalimat "Jangan Takut Tuan-tuan, Ini Cuma Street Art".

Kepala Satpol PP Kecamatan Tanah Abang, Budi Salamun mengklaim bahwa yang menghapus mural itu bukan aparat.

Ia menyebut pihaknya menerima laporan itu pada Kamis pagi. Setelah dilakukan pengecekan, mural tersebut memang ada.

"Tapi sore kami menerima berita juga dari luar, ada pertanyaan itu mural dihapus ya? Kita cek lagi ternyata iya (dihapus). Bukan dari kita, mungkin masyarakat di sekitar atau masyarakat yang mana," kata Budi saat dihubungi Kamis malam.

Ia mengatakan mural itu dihapus dengan ditimpa cat warna hitam.

"Untuk lebih jelas kami kurang paham tapi yang jelas sudah dihapus," katanya.

Belakangan, peristiwa penghapusan mural di berbagai tempat kerap terjadi. Aksi tersebut gencar dilakukan oleh aparatur pemerintah daerah masing-masing.

Salah satu yang cukup mendapat perhatian publik ialah gambar orang mirip Presiden Joko Widodo yang bagian mata ditutupi tulisan '404: Not Found'. Mural itu belakangan dihapus oleh aparat setempat.

Bahkan para pembuat mural dalam pengejaran aparat.

Infografis Titik Mural-mural Meresahkan Aparat. (CNN Indonesia/Basith Subastian)

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210826231449-20-686042/mural-kami-lapar-tuhan-di-tanah-abang-jakpus-juga-dihapus/amp

Comments