Menko Airlangga: Penanganan Covid-19 Dipimpin Langsung Presiden Jokowi

Redaksi


IDNBC.COM  -
Penanganan pandemi Covid-19 secara cepat adalah yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.


Hal tersebut ditegaskan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dalam pertemuan bersama Presiden Joko Widodo dan pimpinan partai koalisi di Istana Negara Rabu lalu.

Airlangga mengatakan, penanganan pandemi yang dimulai dari daerah sudah pernah dicoba dilakukan saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) antara Jakarta, Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Namun ternyata hasilnya tidak maksimal.

“Jadi dipimpin dari pusat menggunakan TNI-Polri. Kalau menggunakan (dipimpin) dari bawah, ini tidak terjadi. PSBB Jakarta Raya, Bekasi dan Kabupaten Bogor saja tidak sinkron sehingga efeknya bolak-balik,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/8).

Kendali pemerintah pusat juga tercermin dalam kebijakan ekonomi melalui reformasi Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja.

"Ini salah satu reform (reformasi) terbesar yang dilakukan di bawah Bapak Presiden,” lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini.

Soal ekonomi, Airlangga mendorong agar pertumbuhan bisa jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan yang telah dicapai. Hal ini untuk megentaskan kemiskinan dan menumbuhkan banyak lapangan kerja agar target pembangunan tercapai.

“Utamanya adalah untuk mendorong penurunan kemiskinan, dan lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, sejumlah pimpinan partai politik turut hadir, di antaranya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri; Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh didampingi Sekjen Johnny G Plate; dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto didampingi Sekjen Ahmad Muzani.

Lalu Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar didampingi Sekjen Hasanuddin Wahid; Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa didampingi Sekjen Arwani Thomafi; dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/28/502181/menko-airlangga-penanganan-covid-19-dipimpin-langsung-presiden-jokowi

Comments