Maroko Siap Menyelenggarakan Pemilu Serentak, Raja Mohammed VI: Bukti Pengalaman Demokrasi

Redaksi


IDNBC.COM  - 
Kurang dari tiga pekan lagi Maroko akan menggelar pemilihan umum serentak, yakni regional dan lokal. Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2021 itu merupakan bukti dari semangat demokratik Maroko.

“Pemilihan umum, regional, dan lokal yang akan datang akan diadakan pada hari yang sama, sebuah fakta yang membuktikan semangat pengalaman demokrasi negara itu dan kedewasaan sistem politik Maroko,” kata Raja Maroko, Raja Mohamed VI dalam pidato yang disampaikan untuk memperingati 68 tahun Revolusi Raja dan Rakyat pada Jumat (20/8).

Dia menjelaskan, pemilu bukanlah tujuan itu sendiri, melainkan sarana untuk mendirikan lembaga yang kredibel yang melayani kepentingan warga negara dan membela tujuan bangsa.

“Saya percaya kekuatan suatu negara berasal dari institusi dan dari persatuan dan kesatuan komponen bangsa. Itu adalah senjata kami untuk membela negara kami di saat kesulitan, krisis, atau ancaman," jelas Raja Mohammed VI.

Lebih lanjut dia juga mengajar warga untuk mengenang lebih dalam makna dari peringatan Revolusi Raja dan Rakyat, yang jatuh beberapa hari sebelum pemilu dan bertepatan dengan peluncuran serangkaian proyek dan reformasi baru yang akan dilakukan dalam kerangka model pembangunan baru dan nasional.

"Ini lebih dari sekadar peristiwa sejarah. Ini adalah revolusi berkelanjutan yang telah mengilhami generasi-generasi berikutnya, merayakan semangat patriotisme sejati yang sama dan keinginan untuk membela tanah air, institusi, dan nilai-nilai sakralnya," tekannya.

Bukan hanya itu, sambung Raja Mohammed VI, Revolusi Raja dan Rakyat adalah titik balik dalam perjuangan Maroko untuk mencapai kebebasan dan kemerdekaan.

“Hari ini, kita berada di ambang fase baru, yang membutuhkan komitmen terhadap semangat patriotisme sejati untuk bangkit menghadapi tantangan internal dan eksternal,” tegasnya, seperti dikabarkan MAP News

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/22/501366/maroko-siap-menyelenggarakan-pemilu-serentak-raja-mohammed-vi-bukti-pengalaman-demokrasi

Comments