JK Bandingkan Donasi Akidi Tio dan Hoaks Emas Padjajaran, Ade Armando: Tidak Sama

Redaksi


IDNBC.COM  -
Penggiar media sosial, Ade Armando menilai Jusuf Kalla atau JK salah membandingkan sumbangan Rp 2 triliun Akidi Tio dengan hoaks emas kerajaan Padjajaran.


Perbandingan dua hal ini dinilai bukan apple to apple, atau sebanding atau sama.

Merespons soal heboh Akidi Tio, Jusuf Kalla menilai apa yang dilakukan itu sudah jelas hoaks. Mantan Wakil Presiden itu mensangsi jika ada pengusaha yang  bersedia uang Rp 2 triliun didonasikan.

Dilansir dari hop.id- jaringan Suara.com, Ade Armando mengulas soal dugaan prank Rp 2 triliun sumbangan Akidi Tio.

Dalam ulasannya, Ade menyinggung pernyataan JK  yang merasa sumbangan itu tidak tersedia.

"JK dalam keterangannya di tvOne bercerita dulu saat menjabat sebagai Menko Kesra pun pernah mengalami hal serupa, yakni Menteri Agama Said Aqil Al Munawar menggali situs Prasasti Batutulis yang diyakini ada emas batangan Kerajaan Padjajaran. Ternyata benar harta harun itu hoaks," ujinya.

JK cendrung menyalahkan Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri yang seharusnya bisa mengcroscek tawaran bantuan Rp 2 triliun tersebut.

Karena, tidak masuk akal jika harta karun Kerajaan Padjajaran yang ternyata hoaks. 

“JK dalam hal ini saya rasa salah membandingkan sisa peninggalan Kerajaan Padjajaran di bawah Prasasti Batutulis dengan nilai yang bisa membayar seluruh hutang luar negeri, dibandingkan dengan uang 2 T yang ditawarkan Heryanti. Sama sekali tidak layak, tidak apple to apple,” kata Ade dalam kontennya di Youtube Cokro TV, Jumat 6 Agustus 2021.

Ade Armando menangkis pernyataan JK yang menganggap mana ada orang mau nyumbang 2 triliun, nggak ada logikanya. Ade membantah logika JK itu dengan menunjukkan fakta harta orang kaya Indonesia itu ada yang mencapai ratusan triliun lho.

“Jadi (orang kaya Indonesia) sumbang 2 triliun walau nampak sangat besar itu mungkin dilakukan oleh seorang dermawan. Jadi mungkin sekali Akidi Tio itu pernah taruh bank di Singapura sehingga capai triliunan dan berwasiat sebagian harta untuk kepentingan rakyat banyak,” kata Ade membantah logika JK.

Dengan penjelasan itu, Ade berpandangan Kapolda Sumsel menerima tawaran donasi Heryanti karena ada sesuatu yang sangat masuk akal.

"Toh juga nggak ada kerugian yang diderita rakyat dan negara kalau pun uang 2 triliunan itu bener-bener zonk akhirnya. Kalau duitnya ada, wah sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat," sambung Ade.

“Kalau uang itu tidak ada, Heryanti nggak perlu di penjara. Kita semua kan cuma jadi korban PHP, tak ada sesuatu yang kriminal dengan itu,” kata Ade.

Bagi JK, tidak masuk akal jika ada sumbangan Rp 2 triliun diberikan begitu saja lewat Kapolda dan Gubernur Sumatera Selatan.

"Maka itu dia menganjurkan untuk saat ini kasus itu ditutup dan tidak diperpanjang lagi. Sebab hanya akan menjadi kegaduhan belaka di ruang publik," sambung ia.

“Saya kira tak perlu diperpanjang, dihentikan saja, ini sudah menipu seluruh bangsa. Sebab tak ada logikanya. Kalau sumbang Rp 2 T berarti hartanya bisa Rp10 T, kalau tidak, tidak mungkin seluruh hartanya disumbangkan,” katanya di awal wawancara, dikutip dari Catatan Demokrasi, Rabu 4 Agustus 2021.

Bagi JK ini hanya sekadar akal sehat dan logika saja. Jika itu dikedepankan, tidak mungkin ada celah bagi orang untuk menipu.

“Dulu begitu juga ada yang bilang ada emas yang bisa bayar seluruh utang kita (Rp1.500 Triliun). Saya panggil, saya katakan, ‘Hei kamu tahu enggak berapa ton emas kalau sampai Rp100 Triliun. Jadi mana mugkin ada emas sekitar 6.000 ton emas di situ, hentikanlah,” katanya.

JK juga mengaku kerap diberitahu jika ada dana besar sekitar miliaran dolar di bank Swiss bekas era peninggalan Bung Karno.

“Jadi banyak orang yang ingin menipu sebenarnya,” ungkap JK

Sumber https://sumsel.suara.com/read/2021/08/07/194627/jk-bandingkan-donasi-akidi-tio-dan-hoaks-emas-padjajaran-ade-armando-tidak-sama

Comments