Bobby Siapkan Kapal Pelni Jadi Isolasi Covid Terpusat Medan

Redaksi


IDNBC.COM
  - Wali Kota Medan Bobby Nasution tengah mempersiapkan Kapal Motor (KM) Bukit Raya menjadi tempat isolasi terpusat (isoter). Kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) itu akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala.


"Selain untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kota Medan, digunakannya KM Bukit Raya juga diakibatkan minimnya jumlah pengguna karena pandemi yang masih melanda," kata Bobby, Kamis (12/8).

Mantu Presiden Jokowi itu menyebutkan KM Bukit Raya dijadikan sebagai isoter untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus dan memudahkan penanganan pasien Covid-19, terutama di wilayah Medan Bagian Utara

"Atas nama Pemko Medan, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas perhatiannya terhadap masyarakat Kota Medan, sehingga KM Bukit Raya dapat digunakan dan dijadikan sebagai lokasi isoter," ucap Bobby.

Direncanakan KM Bukit Raya akan sampai di Pelabuhan Belawan pada Senin (16/8) mendatang. Nantinya dilakukan penataan dan perubahan bentuk dalam kapal untuk penyesuaian sehingga dapat difungsikan sesuai kebutuhan lokasi isoter. Pembenahan akan melibatkan BNPB dan Kementerian Kesehatan RI.

"Nanti akan dilengkapi dulu dengan peralatan kesehatan. Lalu, untuk tenaga kesehatannya, Pemko Medan sudah menyiapkannya dan kebutuhan lain di dalam kapal. KM Bukit Raya mampu menampung sebanyak 478 bed," urai Bobby.

Menurut Bobby, KM Bukit Raya tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Medan Bagian Utara saja, tapi bagi seluruh warga Kota Medan.

"Ini sebagai langkah awal, jika ada warga Medan bagian Utara yang terkonfirmasi dan berada dalam zona merah, akan sangat kejauhan jika dibawa ke wilayah bagian Barat ataupun Selatan. Untuk itu, kita persiapkan KM Bukit Raya sebagai tempat penanganan awal," terangnya.

Diketahui, Pemko Medan juga telah menyiapkan eks Hotel Soechi dan Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) sebagai lokasi isoter bagi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210813061543-20-679794/bobby-siapkan-kapal-pelni-jadi-isolasi-covid-terpusat-medan/amp

Comments