Bertengger di Tiga Besar Survei Charta Politika, PKB Optimis Jadi Runner up Pemilu 2024

Redaksi


IDNBC.COM  -
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bertengger di tiga besar partai politik (parpol) dengan elektabilitas tertinggi pada Pemilu 2024 berdasarkan hasil survei terbaru lembaga survei Charta Politika Indonesia. 


Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB, Jazilul Fawaid mengatakan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa PKB masih mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat.

Walau begitu, pria yang akrab disapa Gus Jazil ini mengaku tidak terlalu kaget bahwa PKB berada di posisi tiga besar. Sebab, sejumlah hasil survei lain sebelumnya juga menempatkan PKB di posisi tiga bahkan dua besar.

”Doa dan harapan kita tentu bagaimana bisa menjadi pemenang pemilu atau paling tidak bisa menggeser Gerindra di dua besar. Saya rasa masih ada waktu untuk mengejar menjadi dua besar,” tutur Jazilul Fawaid, Jumat (13/8).

Dikatakan Wakil Ketua MPR RI ini, PKB memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Hal ini dikarenakan secara struktur partai, saat ini PKB memiliki tingkat struktur hingga basis RW bahkan RT.

Selain itu, berbagai persiapan teknis juga terus dilakukan. Salah satunya yang saat ini sedang dipersiapkan adalah melakukan proses pencalegan dini dengan mengajak anak muda Indonesia.

”Kami membuka pintu selebar-lebarnya. Kalau pada Pemilu 2019 PKB empat besar dan sekarang hasil survei tiga besar, artinya PKB punya peluang besar untuk terus meningkatkan perolehan suara," lanjutnya.

PKB pada survei terbaru Charta Politika memiliki tingkat elektabilitas 9,4 persen, hanya berada di bawah PDI Perjuangan yang diprediksi masih bertengger di urutan teratas dengan tingkat elektabilitas sebesar 22,8 persen, dan Partai Gerindra 17,5 persen.

Pada Pemilu 2019 lalu, PDIP dan Gerindra juga berada di urutan teratas perolehan suara nasional. Saat itu, PDIP meraih 19,33 persen suara sementara Gerindra 12,57 persen suara. Di posisi tiga ditempati Partai Golkar yang memperoleh suara 12,31 persen dan PKB di posisi empat dengan meraih suara sebanyak 9,69 persen.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/13/500320/bertengger-di-tiga-besar-survei-charta-politika-pkb-optimis-jadi-runner-up-pemilu-2024

Comments