Sempat Hadir Rapat Usai dari LN, Anggota DPR Guspardi Gaus Kini Isoman

Redaksi


IDNBC.COM  -
Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus menuai sorotan usai dirinya dari luar negeri (LN) tak menjalani isolasi namun hadir fisik dalam rapat di DPR. Guspradi mengatakan dirinya kini sedang menjalani isolasi mandiri.


"Saya lagi isolasi mandiri," kata Guspardi kepada wartawan, Jumat (2/7/2021).

Menurut Guspardi Gaus apa yang terjadi saat dirinya hadir di rapat Pansus RUU Otsus Papua hanya proses komunikasi yang tidak berjalan dengan lancar. Saat di Kirgistan dan DPR, Guspardi telah menjalani tes polymerase chain reaction atau PCR dengan hasil negatif Corona.

"Miskomunikasi saja cuma, saya di negara tujuan dan di DPR sudah melakukan PCR hasilnya negatif," ujarnya.

Fraksi PAN DPR RI sebelumnya telah menegur Guspardi Gaus karena tak isolasi usai dari luar negeri malah hadir fisik rapat di DPR. Guspardi pun meminta maaf atas peristiwa dalam rapat Pansus RUU Otsus Papua dan komunikasi yang tidak berjalan lancar.

"Pastilah (minta maaf)," imbuhnya.

Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) sebelumnya mengadukan Guspardi Gaus ke Mahkamah Kehormatan Dewan atau MKD. Guspardi diadukan ke MKD terkait usai dari luar negeri tak menjalani karantina namun hadir fisik rapat di DPR.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

"LP3HI secara resmi mengadukan Guspardi Gaus ke MKD. Pengaduan dilakukan melalui email ke Sekretariat MKD, sebagai bentuk dukungan upaya menekan laju penyebaran virus COVID-19," kata Wakil Ketua LP3HI Kurniawan Adi Nugroho sebagai pengadu saat dimintai konfirmasi.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua MKD Habiburokhman mengatakan belum bisa mempelajari aduan terhadap Guspardi Gaus. Sebab MKD kini menerapkan lockdown usai sejumlah staf terpapar Corona.

"Kami mendapat info adanya penyampaian laporan dari Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) terhadap saudara Guspardi Gaus. Kami belum bisa mempelajari substansi laporan soal apa, karena MKD sendiri sedang lockdown terkait status 4 staf MKD yang dinyatakan positif COVID-19 sejak Selasa kemarin," ucap Habiburokhman.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5628369/sempat-hadir-rapat-usai-dari-ln-anggota-dpr-guspardi-gaus-kini-isoman

Comments