Pesawat Militer Raksasa China Y20

Redaksi


IDNBC.COM  -
Militer China semakin ambisius memperkuat kendaraan perang berukuran raksasa. Untuk Angkatan Udara misalnya, China telah mempunyai pesawat tempur raksasa bernama Y20. Pesawat itu mulai dikembangkan pada pertengahan 2000 dan memulai penerbangan pertama pada 2013 serta mulai beroperasi 2016.


Jumlah pasti mengenai pesawat ini belum dapat dipastikan, namun diduga kurang dari 20 unit. Pesawat ini punya ukuran panjang sekitar kira-kira memiliki panjang 45,7 meter dan tinggi 15,2 meter, lebar dengan sayap 48,7 meter, dan jangkauan sejauh 5.000 mil.

Pesawat raksasa itu diberi kode 'Kunpeng', nama burung dalam mitologi China yang terbang ribuan mil, tetapi juga disebut 'Gadis Gemuk' karena badan pesawatnya yang besar.

Mengutip Bussiness Insider, Y-20 dimaksudkan untuk mendukung komando dan kontrol udara, logistik dan airdrops, pengisian bahan bakar udara, pengintaian strategis, serta bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, menurut laporan terbaru Pentagon tentang militer China.

Sejumlah misi juga pernah diselesaikan Y-20. Salah satunya terbang di China barat, dekat perbatasan yang disengketakan dengan India untuk menguji bagaimana mereka menangani lingkungan pegunungan yang dingin dan ketinggian, dan di lingkungan maritim Laut Cina Selatan.

Meski begitu, pada akhir Mei 2021, Malaysia sempat mengeluhkan pelanggaran wilayah udara di atas Laut China Selatan oleh sekelompok Il-76 dan Y-20 China.

Sebuah sumber militer China mengatakan kepada South China Morning Post bahwa pesawat itu sedang membangun keakraban dengan cuaca dan situasi di Laut China Selatan.

Kemudian misi Y-20 akan diperluas. Beijing menekankan operasi penerjun payung, dan itu bisa menggantikan pesawat Y-8 dan Y-9 yang dianggap sudah lebih tua untuk melakukan misi khusus seperti kontrol udara dan pengumpulan intelijen.

Namun begitu, seperti pesawat China lainnya, mesin merupakan kekurangan Y-20. China mengklaim Y-20 sedang diuji dengan mesin baru yang dirancang di dalam negeri sehingga memberikan lebih banyak daya angkat dan jangkauan lebih jauh, dan memungkinkannya membawa muatan hingga 150.000 pon.

Selain pesawat, China juga punya kapal raksasa untuk menjaga perairan mereka bernama Type 003.

Sejumlah ahli di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), menganalisis gambar satelit yang diambil pada Juni oleh Planet Labs, sebuah perusahaan Amerika. Mereka lantas menyimpulkan bahwa kapal itu kurang lebih seukuran Gedung Chrysler New York yang tingginya sekitar 320 meter.

Type 003 akan diluncurkan tahun 2021. Namun ada kemungkinan diundur sebab pembuatan kapal induk dikatakan bukan perkara mudah. Semua harus dipastikan sempurna sebelum dirilis.

Mengutip The Economist, CSIS menilai kapal Type 003 itu 10 meter lebih panjang dari pendahulunya. Kapal ini akan memiliki dek yang lebih besar dan ruang untuk lebih banyak jet Shandong.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210709100021-199-665332/mengenal-pesawat-militer-raksasa-china-y20/amp

Comments