Di Tengah Penarikan, AS Masih Bantu Afghanistan Lawan Taliban dengan Serangan Udara

Redaksi


IDNBC.COM  -
Amerika Serikat baru-baru ini melancarkan serangan udara untuk membantu tentara Afghanistan melawan Taliban.


Hal tersebut diumumkan Pentagon pada Kamis (22/7/2021), meski penarikan pasukan internasional dari Afghanistan hampir selesai.

"Dalam beberapa hari terakhir, kami melakukan serangan udara untuk mendukung ANDSF," kata juru bicara Pentagon John Kirby, merujuk nama pada pasukan pemerintah Afghanistan, dikutip dari AFP.

"Kami terus... melakukan serangan udara untuk mendukung ANDSF," lanjutnya kepada wartawan dalam konferensi pers.

Ia menambahkan, kepala Komando Pusat Angkatan Darat AS (Centcom), Jenderal Kenneth McKenzie, telah mengizinkan serangan itu.

Kirby berujar, dia tidak dapat membeberkan rincian tentang serangan udara itu.

Namun iua mengulang pernyataan Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Rabu (21/7/2021), bahwa AS tetap berkomitmen membantu pasukan keamanan Afghanistan dan pemerintah Afghanistan ke depan.

Armada AU AS memberi pasukan Afghanistan keuntungan taktis melawan Taliban, dan setelah penarikan pasukan dikhawatirkan akan mengikis kekuatan angkatan udara Afghanistan.

Juga pada Rabu, ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, mengakui rezim Taliban sekarang mengendalikan sekitar separuh dari 400-an distrik Afghanistan, tetapi mereka tidak menduduki satu pun dari kota-kota utama yang berpenduduk padat di negara itu.

Dia mengatakan, penarikan pasukan AS yang akan selesai pada 31 Agustus, sekarang sudah 95 persen selesai.

Taliban melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan pemerintah sejak Mei, di tengah penarikan pasukan asing pimpinan Amerika.

Juru bicara Taliban pada Kamis mengatakan kepada media Rusia, mereka kini menguasai 90 persen perbatasan Afghanistan, tetapi klaim itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

Para milisi tersebut diketahui sering membesar-besarkan klaim medan perang mereka.

Sumber https://www.kompas.com/global/read/2021/07/23/072629070/di-tengah-penarikan-as-masih-bantu-afghanistan-lawan-taliban-dengan

Comments