BEM UNS Kritik Jokowi, Rektorat Siap Ajak Mahasiswa Diskusi Akademis

Redaksi


IDNBC.COM  -
SOLO-Pihak kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengaku tidak akan memberikan teguran kepada BEM UNS yang telah mengunggah kritikan kepada Presiden Joko Widodo melalui media sosial.


Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS Solo, Sutanto mengatakan telah mengetahui postingan dengan tanda tagar #bawapulangjokowi di akun Instagram milik BEM UNS. "Kami terus mengikuti perkembangannya," katanya, Kamis (08/07/2021).

Dia meyakini postingan tersebut tidak mewakili semua mahasiswa di kampus tersebut. Bahkan, dia juga tidak yakin unggahan itu merupakan inisiatif semua mahasiswa yang ada di BEM UNS.

"(Mungkin) hanya suara satu orang saja di dalam BEM UNS," katanya menduga.

Menurut Sutanto, rektorat juga tidak akan melakukan tindakan terhadap para mahasiswanya. Pihaknya justru siap untuk mengajak para mahasiswa untuk berdiskusi secara akademis terkait postingan tersebut.

Dia mencontohkan, dalam unggahan tersebut para mahasiswa mempersoalkan utang negara yang kini terus bertambah. "Kita bisa berdiskusi dengan menghadirkan pengamat dari Fakultas Ekonomi," katanya.

Diskusi tersebut menurutnya sangat penting agar mahasiswa bisa memiliki wawasan yang terbuka sebelum menyatakan pendapat. "Apalagi pernyataannya sudah bersinggungan dengan politik, negara, dan masyarakat. Mereka tidak bisa bicara asal-asalan karena membawa nama UNS," kata dia.

Sebelumnya, BEM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengunggah kritikan terhadap Jokowi melalui akun media sosialnya.

Mereka mengusung tagar #bawapulangjokowi melalui akun Instagram @bemuns. Dalam akun tersebut mereka menggambarkan Jokowi pulang dengan mengendarai pesawat terbang.

Unggahan tersebut merupakan bentuk kekecewaan BEM UNS terhadap respons yang ditunjukkan Jokowi menghadapi kritik mahasiswa. Salah satunya adalah saat Jokowi menanggapi kritik yang disampaikan oleh BEM UI.

Sumber https://m.kumparan.com/bengawannews/bem-uns-kritik-jokowi-rektorat-siap-ajak-mahasiswa-diskusi-akademis-1w5wXBxltFj/full

Comments