Saat Massa Selama 30 menit Lempari Pos Penyekatan Suramadu dengan Petasan

Redaksi


IDNBC.COM -
Video massa mendatangi pos penyekatan Jembatan Suramadu di dekat BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya) dan melempari petugas dengan petasan viral di aplikasi perpesanan. Polisi mengatakan kejadian ini berlangsung sekitar 30 menit.


Kabag Ops Polrestabes Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Eko Nur Wahyudiono menjelaskan awalnya ada sekelompok pemotor di sisi barat arah Madura. Namun mereka tidak menyeberangi Suramadu dan menuju ke Madura, melainkan ke arah Surabaya.

"Mereka tidak naik ke arah Madura tapi putar balik ke arah Surabaya sambil blayer-blayer motor. Mendekati pos tenda nakes. Kemudian kita usir. Kejadiannya mulai jam 04.30 WIB sampai 05.00 WIB. Setengah jam saja, kita lihat sisi tengah barat terus langsung putar balik ke timur arah Surabaya," jelas Eko di Surabaya, Selasa (22/6/2021).

Saat kejadian, dalam video viral terdengar seperti suara tembakan. Namun Eko menegaskan suara tersebut berasal dari knalpot dan petasan.

"Lari-lari, mereka kan bawa mercon, terus sepeda motornya. Suara motor jedar.. jedar itu karena businya dimainkan jadi bunyinya dor..dor..dor gitu. Itu bunyi sepeda motor sama mercon. Ada suara-suara itu (Motor dan petasan) kita kejar mereka lari," papar Eko.

Sebelumnya, ada tiga video yang viral di aplikasi perpesanan. Dalam video pertama berdurasi 29 detik, terdengar ada dua kali letusan petasan. Sementara petugas dari TNI berusaha menghalau sejumlah massa yang datang menggunakan sepeda motor. Massa terlihat mendatangi petugas dan menggas motornya hingga terdengar bunyi nyaring dari knalpot brong.

Petugas di lokasi berusaha mengejar massa namun massa yang menaiki sepeda motor langsung melaju kencang dan terus membunyikan knalpot motornya. Keriuhan massa, petugas hingga letupan petasan juga terdengar bersahutan.

Lalu di video kedua berdurasi 25 detik, terdengar lagi bunyi petasan. Ada pula beberapa TNI yang tampak mendatangi massa. Terdengar pula riuh massa dan petugas yang bersahutan.

"Massa berkumpul di belakang BPBD," ujar suara dalam video kedua yang diterima detikcom di Surabaya.

Sedangkan di video ketiga berdurasi 28 detik, suara petasan terdengar dua kali. Suasana nampak di sekitar tenda pos penyekatan. Ada sejumlah petugas yang meneriaki massa menggunakan motor yang disahuti dengan bunyi petasan hingga teriakan massa dalam bahasa Madura pun terdengar nyaring.

Sumber https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5615631/saat-massa-selama-30-menit-lempari-pos-penyekatan-suramadu-dengan-petasan/amp

Comments