RUU Perlindungan Data Pribadi Ditargetkan Selesai Juli

Redaksi


IDNBC.COM -
Paripurna DPR telah memutuskan memperpanjang waktu pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) pada Selasa (22/6) lalu. Bagaimana prosesnya di Komisi I DPR?


Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan menjelaskan, Panja RUU PDP sedang melakukan sinkronisasi DIM (Daftar Inventaris Masalah).

"Panja Komisi I dan Panja Pemerintah sedang melakukan sinkronisasi DIM yang sudah disepakati dan yang belum disepakati," kata Farhan kepada wartawan, Kamis (24/6)

Lebih lanjut, Farhan mengatakan selain sinkronisasi DIM, Komisi I juga aktif menggelar rapat internal untuk menyamakan visi antarfraksi.

"Kami di Komisi I juga melakukan rapat internal untuk menyamakan visi antar fraksi, sehingga fokus pada permasalahan krusial sebelum bertemu dengan Panja pemerintah," jelasnya.

Soal target, Farhan mengatakan harapannya RUU PDP bisa selesai di awal Juli 2021. Sehingga bisa langsung dibawa ke rapat paripurna untuk disetujui.

"Panja Komisi I dan Panja Pemerintah berkomitmen mengawal sampai ke Badan Legislasi, sehingga harapannya bisa selesai sebelum 14 Juli 2021, dan bisa dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI," pungkas Farhan.

Di antara yang melatarbelakangi RUU ini adalah marak kasus pencurian data pribadi di Indonesia. Kasus terbaru adalah ratusan data penduduk Indonesia diduga dijual di sebuah forum digital internasional.

Aksi peretasan akun juga marak terjadi. Belakangan korban yang jadi sorotan adalah aktivis antikorupsi yang diduga karena kritiknya atas tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK.

Sumber https://m.kumparan.com/kumparannews/ruu-perlindungan-data-pribadi-ditargetkan-selesai-juli-1w0EutejNSf/full

Comments