Menkes Optimistis Bisa Hadapi COVID-19: Asalkan Bisa Bekerja Sama

Redaksi


IDNBC.COM -
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan keyakinannya dalam menghadapi pandemi COVID-19. Menurutnya, dalam perjalanan sejarah bangsa banyak masalah yang lebih berat, namun tetap bisa dilalui.


"Asalkan bisa bekerja sama, harusnya bisa kita atasi. Asalkan energi yang kita miliki fokus untuk atasi pandemi sehingga tidak banyak energi yang dikeluarkan untuk saling menyalahkan," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/6/2021).

Dia menyebut, pemerintah memerlukan dukungan semua para pemangku kepentingan. Dia juga percaya bahwa modal sosial bangsa Indonesia besar sekali. Asal bisa dirajut, dia yakin, Indonesia bisa menghadapi pandemi.

Mengenai kapan pandemi berakhir, Budi Gunadi mengatakan, sangat bergantung pada semua pihak. Dia menegaskan, semakin bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan rajin mencuci tangan, pandemi ini akan cepat berakhir.

Oleh karena itu, lanjutnya, Presiden Joko Widodo meminta implementasi di lapangan harus diterapkan secara disiplin.

Lebih lanjut, Budi mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Hal ini bukan hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga, tetangga, dan masyarakat.

"Berapa banyak kasus yang akan naik, bergantung pada kita. Berapa banyak saudara kita masuk RS, berapa tenaga kesehatan yang masuk RS juga tergantung kita," tegasnya.

Budi juga mengaku sedih dengan banyaknya tenaga kesehatan yang meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

"Saya instruksikan kepada semua RS untuk memprioritaskan tenaga kesehatan. Kalau ada nakes yang terpapar bisa dilayani dengan sebaik-baiknya," pungkas dia.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5621032/menkes-optimistis-bisa-hadapi-covid-19-asalkan-bisa-bekerja-sama

Comments