Dukung Digitalisasi Karya Seniman, Giri Prasta Nobar Pan Balang Tamak

Redaksi


IDNBC.COM -
Sebagai wujud dukungan dalam memberikan ruang kreativitas dan mendukung digitalisasi karya seniman Bali, secara khusus Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mengikuti acara nonton bareng (nobar) film Pan Balang Tamak garapan trio Celekontong Mas di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Bupati Badung, Sabtu (26/6).


Usai mengikuti pemutaran film Pan Balang Tamak, Giri Prasta memberikan apresiasi kepada para seniman yang tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19. Menurut Giri Prasta, ini menunjukkan kalau seniman di Bali pada umumnya, dan di Badung pada khususnya selalu melakukan akselerasi berkenaan dengan kreativitas. Pihaknya juga merasa bangga dengan para seniman yang terlibat dalam film ini, karena dengan apik memerankan karakter dari setiap tokoh yang ada dalam cerita Pan Balang Tamak.

Giri Prasta berharap, adanya alur cerita film pendek yang sarat nilai kehidupan bisa jadikan sarana edukasi bagi anak sekolah mulai tingkat SD hingga SMA. Seperti cerita Pan Balak Tamak yang menggambarkan sebuah wilayah yang semua penduduknya bisa dipermainkan oleh kemalasan satu orang, dan mengalahkan semua orang. “Dari sini kita bisa belajar, apabila orang salah konsep dalam menempatkan kepiawaian maka akan muncul sifat licik, ini adalah sebuah contoh ilustrasi gambaran hidup kita. Semestinya kita mengedepankan persatuan dan gotong royong dalam proses pembangunan wilayah, kalau kita bersatu maka setengah perjuangan kita berhasil dan kalau kita tidak bersatu maka setengah perjuangan kita gagal,” jelasnya.

Komang Dedi Diana (Tompel) didampingi Jro Mangku I Nyoman Ardika (Sengap) dan I Ketut Gede Rudita (Sokir) mengaku, awal ide sampai berani membuat film ini hanya sebuah keisengan. Ide yang dihasilkan itu ternyata gayung bersambut rekan-rekannya di luar Celekontong Mas. “Sebenarnya mengisi waktu karena sepi job. Karena sepi itu, kami bertiga jarang bertemu. Satu waktu, kami bertiga kumpul dan tercetuslah mengapa kita tidak buat film saja,” ujarnya.

Dalam film tersebut, Sengap memerankan tokoh Pan Balang Tamak, Tompel sebagai raja, Sokir sebagai Jro Bendesa, Ni Kadek Somawati sebagai istri Pan Balang Tamak dan Wayan Sirat sebagai pedagang.

Turut hadir saat nobar, anggota DPRD Badung Made Yudana, Ketua KPU Badung Wayan Semara Cipta, Direktur Teknik PDAM Badung Made Suarsa serta anggota sanggar seni yang turut mendukung produksi film tersebut.

Sumber https://baliexpress.jawapos.com/read/2021/06/27/271790/dukung-digitalisasi-karya-seniman-giri-prasta-nobar-pan-balang-tamak

Comments