Kecanduan Ganja Narkoba yang Bikin Anji Ditangkap Polisi

Redaksi


IDNBC.COM -
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji baru saja ditangkap Tim Polres Jakarta Barat atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Dilaporkan, polisi mengamankan temuan ganja dalam penangkapan di kediaman Anji di Cibubur, Jakarta Timur. 


Penggunaan rokok ganja, terlebih pada kasus kecanduan dengan dosis tinggi, dapat menyebabkan disorientasi. Terkadang berdampak pada gangguan pikiran, kecemasan, paranoid, dan gangguan mental jangka panjang seperti skizofrenia.

Kecanduan ganja memiliki dampak mirip penggunaan narkoba lainnya, seperti gangguan dalam kemampuan memperhatikan, mengingat, dan belajar.

Peneliti membuktikan, ganja juga mengganggu perkembangan otak. Makin muda usia saat menggunakan ganja, semakin besar risiko gangguan otak tersebut. Misalnya pada remaja dan anak-anak, atau oleh ibu hamil yang berimbas pada perkembangan otak janin.

Efek ganja bisa bertahan lama, bahkan permanen. Memang, tak selalu orang yang menggunakan ganja tak berprestasi dan cerdas. Namun besar potensi, pengguna memiliki kesulitan mengingat sesuatu.

Keparahan dampak ini juga dipengaruhi besaran dosis tetrahydrocannabinol (THC, kandungan aktif dalam ganja) dalam ganja yang dikonsumsi, atau zat lain yang dikonsumsi bersamaan dengan ganja seperti tembakau atau alkohol.

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), terdapat beberapa tanda seseorang mungkin kecanduan rokok ganja:

• Sudah mencoba, namun gagal untuk berhenti merokok ganja

• Meninggalkan kegiatan penting dengan teman dan keluarga demi bisa menggunakan rokok ganja.

• Menggunakan rokok ganja walaupun sudah menyebabkan sederet masalah di rumah, sekolah, atau tempat kerja.

Sumber https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5604314/ciri-ciri-kecanduan-ganja-narkoba-yang-bikin-anji-ditangkap-polisi/amp

Comments