Ganjar: Dunia Sudah Berubah Sekarang Butuh Agen-Agen untuk Membumikan Pancasila

Redaksi


IDNBC.COM -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan untuk membumikan Pancasila. Yang pertama adalah konten apa yang akan dipesankan kepada masyarakat dengan nilai-nilai yang ada. Yang kedua adalah cara menyampaikannya.


"Karena dunianya sudah berubah, maka sekarang butuh agen-agen untuk lebih banyak mengkampanyekan dengan contoh-contoh yang kongkret yang nyata sehingga makin membumi. Bagaimana toleransi, bagaimana menghadapi teknologi ke depan, tantangan bangsa ke depan dan representasi dari kelompok-kelompok," ujar Ganjar seusai diskusi Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Solo, Selasa (1/6).

Bersama Pemkot, tokoh media, tokoh agama dan lainnya, pihaknya berharap semakin gencar untuk semakin membumikan Pancasila. Implementasi dalam hal tersebut bisa ditemukan di kehidupan sehari- hari masyarakat Indonesia. Yakni gotong royong, tolong menolong dan saling membantu.

"Implementasinya banyak. Jogo Tonggo itu sudah Pancasilais banget itu. Saling tolong antar tetangga. Kalau sekarang ada orang kecelakaan mau bolong kan enggak perlu ditanya agamanya apa, dari kelompok mana, sukunya apa. Tolong ya tolong saja, kan enggak perlu ditanyai. Karena ada Kemanusiaan yang adil dan beradab di sana," katanya.

Praktik-praktik seperti itu, lanjut dia, musti ditampilkan. "Teknologinya sudah digital kan. Kalau ada cerita-cerita baik upload dong, narasi-narasi positif upload dong, ada prestasi upload dong. Sehingga life style dinamisnya itu betul-betul bisa dimunculkan," tandasnya.

Sumber https://m.merdeka.com/amp/peristiwa/ganjar-dunia-sudah-berubah-sekarang-butuh-agen-agen-untuk-membumikan-pancasila.html

Comments