Dukung Pengembangan Wisata Desa, Mendes PDDT Lakukan Kunjungan di Bojonegoro

Redaksi


IDNBC.COM -
Bojonegoro - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, lakukan kunjungan ke lokasi Wisata Tebing Gupit (WTG), di Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Sabtu (05/06/2021).


Dalam kunjungan tersebut, Menteri Abdul Halim Iskandar memberikan bantuan Rp 1 miliar kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Guyub Rukun, Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, guna pengembangan objek wisata desa setempat.

Dalam Dalam sambutannya, Menteri Abdul Halim Iskandara atau yang akrab dipanggil Gus Menteri mengapresiasi objek Wisata Tebing Gupit (WTG), yang akan dibangun di tempat yang cukup alami, indah, serta menawan, yang berada di Gunung Pegat tersebut.

"Cukup kagum dan salut terhadap pembangunan tempat wisata yang cocok dipilih sebagai tempat perkemahan. Dengan pandangan yang cukup indah, maka masyarakat dapat melihat kealamian dari tempat ini," tutur Gus Menteri.

Menurutnya, dengan pemandangan yang cukup indah, maka masyarakat dapat melihat kealamian dari tempat tersebut. Pengunjung dapat melihat pemandangan matahari terbit maupun terbenam tanpa perlu pergi jauh hingga ke Bali.

"Nanti kalau mengampanyekan tempat ini cukup mudah. Mau lihat matahari terbit dan terbenam, silakan datang ke Wisata Tebing Gupit," tutur Abdul Halim sambil bercanda.

Abdul Halim menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi sampai hari ini, mengakibatkan hampir semua tempat wisata di Indonesia kolaps, sehingga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pengelola desa wisata harus terus didorong dan dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi tingkat desa.

"Pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari desa dan satu-satunya kunci untuk pemulihan ekonomi nasional di tingkat desa adalah BUMDes. Jika desa perputaran duitnya bagus, maka di situlah pertumbuhan ekonomi daerah akan bagus," kata Menteri Abdul Halim Iskandar.

Pada kesempatan tersebut Menteri Abdul Halim memberikan bantuan sebesar Rp 1 Milyar untuk membangun tempat wisata tersebut. Adapun rincian keuangannya yaitu Rp 500 juta dari kementrian PDTT dan Rp 500 juta lainnya dari Fauzan Fuadi selaku anggota DPRD Jawa Timur.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi Irawanto MPd, Sekretaris Daerah Dra Nurul Azizah MM, Anggota DPR RI komisi IX Farida Hidayati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Fauzan Fuadi, serta Forkopimda Kabupaten Bojonegoro.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/beritabojonegoro/dukung-pengembangan-wisata-desa-mendes-pddt-lakukan-kunjungan-di-bojonegoro-1vt8CMpO4U1

Comments