Dua Pesawat Tak Berawak Ditembak Jatuh di Atas Pangkalan Irak

Redaksi


IDNBC.COM -
TENTARA Irak mengatakan dua pesawat tak berawak (drone) dihancurkan di atas pangkalan yang menampung pasukan AS. Itu terjadi satu bulan setelah pangkalan yang sama menjadi sasaran pesawat tak berawak bersenjata.


Militer Irak, Minggu (6/6),mengatakan sistem pertahanan C-RAM militer AS diaktifkan untuk menembak jatuh drone di atas pangkalan Ain al-Assad, yang terletak di gurun barat Irak.

Beberapa jam sebelumnya sebuah roket ditembak jatuh di atas bandara Baghdad. "Tanpa menimbulkan korban atau kerusakan," kata juru bicara koalisi militer pimpinan AS di Irak, Kolonel Wayne Marotto.

Koalisi itu dikirim ke Irak untuk membantu militer negara itu memerangi kelompok ISIS.

AS terus menyalahkan faksi Irak yang terkait dengan Iran atas serangan roket terhadap instalasi Irak yang menampung personelnya. Sejak awal tahun ini telah terjadi 39 serangan terhadap kepentingan AS di Irak.

Sebagian besar adalah bom terhadap konvoi logistik, sementara 14 adalah serangan roket, beberapa di antaranya diklaim oleh faksi pro-Iran, yang bertujuan untuk menekan Washington agar menarik semua pasukan mereka.

Penggunaan drone terhadap kepentingan Amerika oleh faksi-faksi ini adalah taktik yang relatif baru.

Sumber https://m.mediaindonesia.com/internasional/409897/dua-pesawat-tak-berawak-ditembak-jatuh-di-atas-pangkalan-irak

Comments