Data Dinas Dukcapil dari Empat Daerah Diretas

Redaksi


IDNBC.COM -
Empat server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) diduga diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arief Fakrullah mengatakan, hal itu terjadi karena adanya kekurang dalam pengamanan data.

"Empat layanan online dukcapil tersebut saya evaluasi karena kurang secure dalam aspek pengamanan data," kata Zudan kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Adapun empat server yang diduga diretas yakni pemerintah Malang, Subang, Kota Bogor dan Kabupaten Bekasi.

Kendati demikian, Zudan mengatakan, server tersebut sudah diperbaiki.

"Pekan lalu sudah kita mitigasi risiko, yaitu dengan mematikan jaringan yang menggunakan internet publik untuk layanan online agar diperkuat dengan firewall dan sistem pengamanan lainnya," ujar dia. 

Oleh karena itu, Zudan minta daerah menjaga betul masing-masing server lokal data tersebut.

Ia pun juga sudah melakukan pertemuan virtual dengan 548 daerah pekan lalu dan menegaskan bahwa mereka para kepala dinas bertanggung jawab penuh terhadap data pada server lokal masing-masing.

"Saya juga ingatkan untuk penguatan pengamanan data," ucap dia.

Terkait kasus terbukanya data pribadi di situs web resmi pemerintah daerah Magelang, Zudan mengatakan, itu bukan diretas pihak yang tidak bertanggung jawab, melainkan terbukanya data terjadi karena keteledoran. Ia pun langsung memberikan teguran keras.

Sumber https://nasional.kompas.com/read/2021/06/07/19065631/data-dinas-dukcapil-dari-empat-daerah-diretas

Comments