Setahun Sekolah Dari Rumah, Pimpinan Komisi X: Awas Dampak Learning Loss

Redaksi


IDNBC.COM -
Di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi perlu menjamin pendidikan berjalan dengan aman dan selamat.


Disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, selain memastikan keamanan dan keselamatan selama proses pembelajaran, Kemendikbudristek juga perlu meramu minat siswa untuk kembali belajar di sekolah setelah sekian lama belajar dari rumah.

"Memastikan keamanan dan keselamatan merupakan prioritas utama. Kemudian, membiasakan pembelajaran secara langsung yang sudah lama tidak terjadi perlu strategi khusus, karena siswa sudah terbiasa setahun lebih di rumah,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5).

Selain itu, Hetifah yang juga merupakan Wakil ketua Umum Partai Golkar Bidang Kesra ini juga mengingatkan terkait kerugian jangka panjang terhadap pembelajaran anak-anak akibat penutupan sekolah sementara atau learning loss.

“Meminimalisir dampak learning loss yang terjadi selama setahun kebelakang. Asesmen nasional yang akan dilakukan di tahun ini semoga dapat memetakan ini dengan baik, sehingga kita tahu langkah-langkah konkret yang harus dilakukan,” jelasnya.

Terakhir, Hetifah yang merupakan legislator asal Kaltim ini meminta pemerintah menyiapkan rencana cadangan jika pembelajaran tatap muka tidak dapat terjadi.

“Kita harap dalam beberapa bulan kedepan penularan (Covid-19) akan turun. Namun jika itu tidak terjadi, kita harus siap dengan Plan B, yang dapat mengoptimalkan pembelajaran dari rumah,” tegasnya.

"Insya Allah kita akan dapat lagi segera melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, dengan protokol yang ketat tentunya. Segala pihak harap mempersiapkan ini,” tutupnya.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/05/02/486297/https-politik-rmol-id-read-2021-05-02-486297-setahun-sekolah-dari-rumah-pimpinan-komisi-x-awas-dampak-learning-loss



Comments