Luhut: RI Bergantung Produk Luar Negeri untuk Industri

Redaksi


IDNBC.COM -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menginginkan Indonesia tidak lagi bergantung dengan produk luar negeri. Salah satu caranya dengan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri untuk barang keperluan industri.


"Hari ini saya duduk kembali bersama lintas kementerian terkait dan asosiasi industri mendengarkan juga mengevaluasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) ini," katanya dalam sebuah postingan Instagram, Jumat (7/5/2021).

Dia meminta agar pemerintah, BUMN, BUMD, badan usaha dan pemangku kepentingan lainnya ' wajib' menggunakan produk dalam negeri dan mendukung program P3DN, sesuai arahan presiden. Hal ini guna menggerakkan roda perekonomian nasional.

Implementasi P3DN dianggap masih belum sesuai ekspektasi, sehingga menjadi persoalan yang belum terpecahkan. Luhut mau tegas baik di pihak pemerintah maupun swasta untuk memakai produk dalam negeri.

"Saya minta agar pengaturan definisi desain dari local content atau brand produk bangsa dihargai. Pengusaha harus bisa bersaing dari kualitas maupun harga," jelas Luhut.

Dalam kalimat terakhirnya dia meminta kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terlibat mengaudit semua badan usaha. Mana saja yang tidak menerapkan TKDN supaya diberi sanksi.

"Yang tidak menerapkan agar dapat segera diberikan sanksi hingga pencopotan jabatan, kalau semua bersinergi tujuan bisa tercapai yaitu multiplier effect yang tinggi. Indonesia mandiri dan tidak tergantung pasokan produk luar negeri," jelas Luhut.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/news/20210507081922-4-243950/luhut-ri-bergantung-produk-luar-negeri-untuk-industri

Comments