Hari Kedua Lebaran Ancol Dikunjungi 39 Ribu Wisatawan

Redaksi


IDNBC.COM -
Pengunjung tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol pada hari kedua lebaran mencapai 39.000 orang. Kepala Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan data ini merupakan jumlah keseluruhan wisatawan yang datang dari pagi hingga pukul 15.00 WIB.


Meski demikian, terdapat sekitar 9.500 pengunjung yang telah meninggalkan area wisata ini.

"Jadi yang ada di dalam kawasan Ancol ada sekitar 28 ribu. Dan itu masih di bawah 30 persen dari kapasitas," kata Rika saat dihubungi, Jumat (14/5) sore.

Rika mengungkap kapasitas Taman Impian Jaya Ancol bisa menampung hingga 120.000 pengunjung.

Saat ini, pihaknya hanya membatasi jumlah pengunjung maksimal 30 persen. Hal ini sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: 354 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Pada Sektor Usaha Pariwisata dan Surat Edaran Nomor 81 /SE/2021 tentang Operasional Tempat Wisata / Rekreasi pada Libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 di Masa Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM).

Selain itu, Taman Wisata Ancol juga hanya menerima wisatawan dengan KTP DKI Jakarta.

Rika menjelaskan, setiap pengunjung yang hendak berwisata di Ancol mesti melakukan reservasi pembelian tiket secara online melalui laman www.ancol.com. Salah satu syarat pembelian tiket itu adalah mengunggah KTP DKI Jakarta.

Selain itu, setiap pengunjung yang datang juga akan melalui tahap verifikasi. Di ointu gerbang, petugas akan mengecek tiket dan KTP DKI Jakarta yang harus dimiliki pengunjung.

"Makanya itu ada sedikit antrian di gerbang kami, jadi itu ada pengecekan tiket dan KTP," jelas Rika.

Menurutnya, ada beberapa pengunjung dari luar Jakarta. Mereka tidak diizinkan masuk lantaran tidak memiliki KTP DKI Jakarta.

Rika mengungkapkan, aturan ini berlaku hingga 16 Mei mendatang. Pada tanggal 17 Mei, pengunjung tanpa KTP DKI Jakarta bisa memasuki area wisata Ancol.

"Karena itu (tanggal 17) kan bukan libur lebaran," ujar Rika.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210514164647-20-642554/hari-kedua-lebaran-ancol-dikunjungi-39-ribu-wisatawan/amp

Comments