Biden Berharap Konflik Israel-Palestina Segera Berakhir

Redaksi


IDNBC.COM -
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berharap bentrokan kekerasan Israel dengan Palestina akan segera berakhir.


Biden mengatakan diplomasi AS tengah dilakukan secara cepat dan terus menerus dengan staf keamanan dan pertahanan nasional dengan rekan di Timur Tengah, tidak hanya dengan Israel, tetapi juga dengan semua orang dari Mesir dan Saudi hingga Emirat.

"Harapan dan harapan saya adalah bahwa ini akan ditutup lebih cepat daripada nanti, tetapi Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri ketika Anda memiliki ribuan roket terbang ke wilayah Anda," kata Biden dikutip dari AFP, Kamis (13/05/2021).


Biden bicara di tengah meningkatnya seruan internasional secara internasional untuk mengurangi eskalasi kekerasan, setelah permusuhan hebat antara Israel dan Palestina yang telah menewaskan puluhan orang dan ratusan lainnya luka-luka.

Tentara Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di Jalur Gaza sejak Senin, sementara militan Palestina telah meluncurkan lebih dari 1.200 roket, menurut tentara Israel, dalam beberapa kekerasan terburuk dalam tujuh tahun.
Bertepatan dengan pemboman udara, kekerasan meningkat antara orang Arab dan Yahudi di dalam Israel.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan dia telah berbicara melalui telepon dengan presiden Palestina Mahmud Abbas, untuk mendesak diakhirinya serangan roket. Roket ditembakkan oleh Hamas, tetapi Amerika Serikat tidak berbicara dengan kelompok itu, menganggapnya sebagai organisasi teroris.

Percakapan antara diplomat tertinggi AS dan Abbas itu adalah pembicaraan tingkat tinggi pertama antara Amerika Serikat dan Palestina sejak Biden dilantik pada Januari. Otoritas Palestina Abbas memutuskan kontak dengan pemerintahan AS sebelumnya yakni Donald Trump pada 2017, ketika dia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Saya berbicara dengan Presiden Abbas tentang situasi yang sedang berlangsung di Yerusalem, Tepi Barat, dan Gaza," tulis Blinken di Twitter. "Saya menyatakan belasungkawa atas hilangnya nyawa. Saya menekankan perlunya mengakhiri serangan roket dan mengurangi ketegangan."

Abbas juga menekankan pentingnya menghentikan serangan Israel terhadap Palestina dan mengakhiri tindakan agresif Israel terhadap rakyatnya.

Sebelumnya, Blinken mengumumkan bahwa Hady Amr, pejabat Departemen Luar Negeri yang bertanggung jawab atas urusan Israel dan Palestina, pada Rabu meninggalkan wilayah itu untuk mendesak mengurangi tindak kekerasan. Diplomat itu juga berbicara dengan Netanyahu, sekali lagi mendorong kedua belah pihak untuk mundur dari pertempuran.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah menelepon mitranya dari Israel, Benny Gantz, dan mendukung "hak sah Israel untuk membela diri dan rakyatnya" sementara juga mendesak langkah-langkah untuk memulihkan ketenangan.

Blinken menggambarkan pemandangan warga sipil Palestina yang tewas, termasuk anak-anak, sebagai "mengerikan" tetapi membela serangan Israel di Gaza sebagai tanggapan atas tembakan roket oleh militan Hamas.
"Saya pikir Israel memiliki beban ekstra dalam mencoba melakukan segala yang mereka bisa untuk menghindari korban sipil, bahkan saat itu menanggapi dengan benar dalam membela rakyatnya," kata Blinken.

Dia menegaskan ada perbedaan yang sangat jelas dan mutlak antara organisasi teroris, Hamas, yang menghujani roket tanpa pandang bulu yang menargetkan warga sipil dan tanggapan Israel yang membela diri. Setelah pemerintahan Trump yang secara militan pro-Israel, Blinken memperbarui dukungan AS untuk akhirnya pembentukan negara Palestina merdeka.

"Kekerasan ini membawa kita semakin jauh dari tujuan itu," kata Blinken. "Kami percaya Palestina dan Israel sama-sama berhak untuk hidup dengan keselamatan dan keamanan dan akan terus terlibat dengan Israel, Palestina dan mitra regional lainnya untuk mendesak de-eskalasi dan membawa ketenangan."

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan bahwa selama pembicaraan dengan Netanyahu, Biden mengutuk serangan roket oleh Hamas dan kelompok teroris lainnya, termasuk terhadap Yerusalem dan Tel Aviv. Dia menyampaikan dukungan pada tindakan Israel untuk membela diri dan melindungi warga sipil.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/news/20210513143534-4-245364/biden-berharap-konflik-israel-palestina-segera-berakhir

Comments