5G Telkomsel Sudah Tersedia, Kamu Mau Pakai Buat Apa?

Redaksi


IDNBC.COM -
Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama yang sukses menggelar 5G di Indonesia. Berbeda dengan 4G, peluncuran 5G di Indonesia akan dilakukan secara bertahap dan terbatas.


Untuk tahap awal, 5G Telkomsel hadir lebih dulu di enam lokasi pemukiman yang ada di Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera. Selain itu, ada 12 lokasi di sembilan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah handphone (HP) dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane. Jadi, smartphone yang bisa menerima jaringan tersebut harus memiliki spesifikasi modem 5G yang mendukung band n40 (2300 MHz).

Ada empat HP yang saat ini bisa langsung menjajal 5G Telkomsel tahap awal, yakni Oppo Reno 5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro. Perusahaan berkomitmen memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device agar layanan internet mobile penerus 4G LTE mereka bisa dinikmati ponsel merek lain macam Samsung dan iPhone.

Jika sudah bisa menikmati 5G Telkomsel, kamu mau pakai buat apa? Sampaikan pendapatmu melalui polling kumparan di bawah ini.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/kumparantech/polling-5g-telkomsel-sudah-tersedia-kamu-mau-pakai-buat-apa-1vpaYIkSjMH

Comments