Seorang Diri 24 Tahun Ubah Bukit Gersang Jadi Hutan Rimbun

Redaksi


IDNBC.COM
- Aksi seorang pria asal Wonogiri yang terus menanam pohon di sekitar rumahnya sukses bikin publik salut. Sebab, selama 24 tahun melakukan kegiatan tersebut, ia mengubah bukit yang gersang menjadi hutan hijau yang rimbun.


Kisah tersebut dibagikan Wonogiri lewat akun @WonogiriUpdateOfficial di Facebook pada 19 Maret 2021 lalu. Mengunggah sebuah foto, diceritakan seorang pria bernama Sadiman sempat disebut orang gila dan kerap ditertawakan warga desa.

Namun, kini pria asli Wonogiri tersebut justru dielu-elukan sebagai pahlawan. Tentu bukan tanpa sebab, selama seperempat abad ia berhasil menutupi lereng bukit seluas 250 hektar yang begitu tandus di sekitar rumahnya dengan pohon beringin hingga fikus.

Diketahui sebelumnya, selama beberapa dekade, puluhan desa di Kabupaten Wonogiri dilanda kekeringan hingga kelaparan. Kebakaran hutan yang sempat terjadi di perbukitan Jawa Tengah membuat sungai dan danau hampir kering.

Sadiman kemudian jadi orang pertama yang sadar bahwa jumlah tanaman yang minim di sekitar desa jadi sebab udara dan air bersih sulit ditemukan. Alhasil, dirinya pun bertekad untuk mengubah kehidupan agar menjadi lebih baik untuknya dan warga desa.

Adapun usaha yang dilakukan Sadiman adalah menghidupkan kembali hutan seluas ratusan hektar. Pengorbanan Sadiman pun tak main-main, ia merogoh kocek pribadi hingga harus rela menjual ternak untuk membeli bibit pohon beringin.

“Saya rasa, kalau tidak menanam pohon beringin, wilayah ini bakal tandus. Pengalaman saya, pohon beringin dan pohon bisa menyimpan banyak air," kata Sadiman.

Lantaran hanya seorang diri berusaha membangkitkan hutan seluas ratusan hektar terdengar seperti kegiatan yang mustahil, Sadiman pun kerap disebut orang gila. Terlebih, pohon beringin dinilai bakal mendatangkan makhluk halus.

Hanya saja, usaha tak mengkhianati hasil. Lebih dari satu dekade berjibaku menanam pohon, Sadiman benar-benar mewujudkannya. Ia berhasil menanam lebih dari 11 ribu pohon dan saat sudah tumbuh besar, tanaman lain mulai bisa berkembang di daerah tersebut.

Read more!

“Orang-orang mengejek saya karena membawa bibit beringin ke desa. Mereka merasa tidak nyaman karena percaya ada makhluk halusnya di pohon-pohon itu," kenang Sadiman.

Warga mulai menganggap Sadiman pahlawan setelah mengerti manfaat pepohonan yang ditanami. Hujan mulai lebih sering turun, mengatasi masalah yang sempat membuat petani kesulitan menanam tanaman di wilayah tersebut.

Selain pohon beringin, Sadiman juga menanam cengkeh dan nangka untuk menghidupi keluarga. Kini hutan tersebut pun dikenal dengan nama ‘Hutan Sadiman’ dan menjadi tempat tujuan wisata alam yang populer.

Setelah viral dan menginspirasi banyak orang lewat ketekunan dan dedikasinya dalam membangkitkan hutan, Sadiman juga berharap agar warga di desanya bisa hidup sejahtera dan bahagia.

“Dan jangan bakar hutan melulu," ujar Sadiman.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/berita_viral/kisah-mbah-sadiman-seorang-diri-24-tahun-ubah-bukit-gersang-jadi-hutan-rimbun-1vT4DbfVphy



Comments