Selama Akur Dengan PDIP, Jokowi Tidak Mungkin Dukung Anies

Redaksi


IDNBC.COM -
Harapan agar Presiden Joko Widodo mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024 boleh-boleh saja. Namanya juga harapan, bisa saja terwujud bisa juga tidak.


"Mengharapkan Jokowi mendukung Anies tentu tidak semudah membalikan tangan, ada faktor-faktor politik yang menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk mendukung seseorang menjadi calon presiden," kata analis politik Iwel Sastra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (24/7).

Secara pribadi, hubungan Jokowi dengan Anies rasanya baik. Anies pernah menjadi pendukung Jokowi dan pernah menjadi menteri dalam kabinet Jokowi. Namun ini tidak serta merta menjadi modal Anies untuk mendapatkan dukungan dari Jokowi.

"Karena beberapa bakal calon lain juga memiliki hubungan yang baik dengan Jokowi," ujar Iwel Sastra, yang juga Direktur Mahara Leadership itu.

Hemat dia, dalam memutuskan untuk mendukung capres 2024, setidaknya ada dua faktor yang menjadi pertimbangan Jokowi. Pertama, faktor kedekatan dengan kandidat. Jika dibaca nama-nama yang beredar saat ini, sebagian besar memiliki kedekatan atau pernah dekat dengan Jokowi.

"Kalau faktor kedekatan menjadi faktor maka tentu kandidat yang paling dekat yang akan mendapatkan dukungan dari Jokowi. Dukungan diberikan kepada kandidat yang lebih dapat dipercaya. Apakah Anies masuk dalam kategori ini? Tentu yang bisa menjawab adalah Jokowi," sebut Iwel Sastra.

Faktor kedua adalah faktor partai politik. Sebagai kader PDI Perjuangan, tentu yang menjadi prioritas utama dukungan Jokowi adalah calon yang diusung oleh partainya.

Kecuali kalau hubungan antara Jokowi dengan partainya bermasalah, ada kemungkinan Jokowi untuk berpindah ke lain hati alias mendukung calon yang didukung oleh partai lain.

Misalkan, Jokowi lebih dekat ke Partai Nasdem. Lalu partai besutan Surya Paloh itu mengusung Anies Baswedan, di sinilah kemungkinan Jokowi mendukung Anies sangat terbuka.

Namun menurut Iwel Sastra, selama hubungan Jokowi dan PDIP baik-baik saja, maka sangat tertutup kemungkinan Jokowi untuk mendukung Anies. Karena dari logika politik saat ini, rasanya mustahil jika PDIP mengusung Anies sebagai capres.

"PDI Perjuangan memiliki kader-kader yang potensial sebagai capres, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri," ucapnya.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/27/485541/https-politik-rmol-id-read-2021-04-27-485541-selama-akur-dengan-pdip-jokowi-tidak-mungkin-dukung-anies



Comments